PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

NIZAR RAMDANI, 2817133128 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (765kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas V MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungaguung” ini ditulis oleh Nizar Ramdani, NIM. 2817133218, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr.Syamsun Ni’am, M.Ag. Kata Kunci : Make a Match, Hasil Belajar, Aqidah Akhlak Di sekolah-sekolah Indonesia, khususnya di tingkat SD, pengajaran Aqidah Akhlak membutuhkan situasi yang menarik untuk merangsang belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi pra tindakan dilakukan di MI Darussalam Ngentrong, Campurdarat, Tulungagung ditemukan bahwa ada beberapa masalah yang terjadi pada peserta didik kelas V. Hampir-hampir, guru menggunakan metode monoton. Akibatnya, siswa tidak fokus untuk menyajikan bahan dan mereka cenderung bermain dengan teman-teman mereka di kelas. Hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kurang disebabkan partisipasi siswa kurang. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menawarkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dalam mengajar Aqidah Akhlak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kerjasama pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Sifat-sifat Allah SWT melalui Asmaul Husna melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match peserta didik kelas V MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung tahun ajaran 2016/2017?. (2) Bagaimana peningkatan keaktifan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi materi Sifat-sifat Allah SWT melalui Asmaul Husna melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match peserta didik kelas V MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung tahun ajaran 2016/2017?. (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Sifat-sifat Allah SWT melalui Asmaul Husna melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match peserta didik kelas V MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung tahun ajaran 2016/2017?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kerjasama pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Sifat-sifat Allah SWT melalui Asmaul Husna melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match peserta didik kelas V MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Sifat-sifat Allah SWT melalui Asmaul Husna melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match peserta didik kelas V MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. (3) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Sifat-sifat Allah SWT melalui Asmaul Husna melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match peserta didik kelas V MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini milik Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah; Perencanaan, Pelaksana, Mengamati, dan Merefleksikan. Perencanaan Siklus Pertama dibuat berdasarkan hasil observasi awal. Sementara itu, dalam siklus Kedua, perencanaan itu dibuat berdasarkan hasil Refleksi. Pada langkah Implementasi, Belajar model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dipekerjakan dalam pertemuan I dan II. Sementara itu observing dengan melakukan wawancara, observasi, membuat catatan lapangan, dokumentasi dan administrasi tes, data dikumpulkan. Akhirnya, di Refleksi I dan II, data yang dikumpulkan dianalisis untuk menentukan apakah atau tidak indikator yang telah ditentukan telah terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan telah terjadi peningkatan kemampuan kerjasama peserta didik mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan Sifat-sifat Allah SWT melalui Asmaul Husna. Hal ini dapat dilihat dari observasi kerjasama peserta didik pada siklus I dengan kriteria keberhasilan tindakan tergolong cukup dengan persentase rata-rata 70,76% dan pada siklus II kriteria keberhasilan tindakan meningkat menjadi baik dengan persentase rata-rata 89,33%. Kemudian juga terjadi peningkatan kemampuan keaktifan peserta didik mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan Sifat-sifat Allah SWT melalui Asmaul Husna. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi keaktifan peserta didik pada siklus I dengan kriteria keberhasilan tindakan tergolong kurang dengan persentase rata-rata 67,5% dan pada siklus II kriteria keberhasilan tindakan meningkat menjadi baik dengan persentase 80%. Dan telah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Sifat-sifat Allah SWT melalui Asmaul Husna. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata peserta didik 58,91 dengan persentase ketuntasan 39,13 %, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik hanya mencapai 71,74 dengan persentase ketuntasan 65,22% dan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 85,43 dengan persentase ketuntasan 91,30%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas V MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133128 NIZAR RAMDANI
Date Deposited: 30 Aug 2017 03:06
Last Modified: 30 Aug 2017 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5950

Actions (login required)

View Item View Item