PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS LEARNING COMMUNITY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG

AHMAD ASROFI ABI YUSA’, 2814123034 (2017) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS LEARNING COMMUNITY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (525kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (183kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbasis Learning Community Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung.” ini ditulis oleh Ahmad Asrofi Abi Yusa’, NIM. 2814123034, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, pembimbing Dr. Eni Setyowati M.M Kata Kunci: Kontekstual, learning community, hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan minat belajar siswa dalam matematika dikarenakan ketidaktahuan mereka tentang hakikat aplikasi matematika, yang membuat hasil prestasi belajar rendah. Sikap-sikap tersebut tentunya mempengaruhi hasil yang akan mereka capai dalam belajar. Sehingga peneliti menghubungkan masalah hasil belajar Matematika dengan pendekatan Kontekstual berbasis learning community di SMP Islam Al- Azhaar Tulungagung Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1)Bagaimana Hasil Belajar Materi Konsep Bilangan Pecahan Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Berbasis Learning Community Di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung ? (2) Bagaimana Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbasis Learning Community Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII? Dalam penelitian ini digunakan metode tes, dokumentasi, observasi dan wawancara (interview). Metode tes digunakan untuk melihat hasil belajar matematika siswa di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Sedangkan metode dokumentasi, observasi dan wawancara digunakan untuk menggali data tentang keadaan siswa sebelum penelitian, populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode diatas, akhirnya penulis mendapatkan data berupa nilai tes matematika. Maka data tersebut kemudian penulis analisis dengan menggunakan rumus uji ”t” test. Setelah data dianalisis dengan menggunakan penghitngan manual dan SPSS, akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pendekatan kontekstual berbasis learning community terhadap hasil belajar matematika kelas VII SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung dengan t hitung = 4,278 yang nilai ”t” hitungnya lebih besar dari nilai ”t” tabel pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian hipotesis alternatif diterima. Sedangkan dengan menggunakan SPSS menghasilkan nilai Sig = 0,000 < 0,05. Bedarkan dari penghitungan dapat disimpulkan adanya perbedaan hasil nilai rata-rata pengunaan pendekatan kontekstual berbasis learning community dengan pendekatan kovensional.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123034 AHMAD ASROFI ABI YUSA’
Date Deposited: 28 Aug 2017 06:32
Last Modified: 28 Aug 2017 06:32
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/5927

Actions (login required)

View Item View Item