PENILAIAN AUTENTIK OLEH GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM KURIKULUM 2013 DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KUNIR WONODADI BLITAR

QOMARIATUN, 2811133220 (2017) PENILAIAN AUTENTIK OLEH GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM KURIKULUM 2013 DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KUNIR WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (325kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (24kB)

Abstract

Qomariatun, NIM. 2811133220, 2017, Penilaian Autentik Guru Akidah Akhlak dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kunir Wonodadi Blitar, dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Penilaian Autentik, Guru Akidah Akhlak, Kurikulum 2013 Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru tidak terlepas dari kegiatan penilaian. Dalam penilaian pembelajaran ini, penilaian autentik menjadi salah satu ciri dalam standar penilaian Kurikulum 2013. Namun, pada kenyataannya banyak guru yang masih kesulitan untuk mengimplemantasikan penilaian autentik. Kesulitan terletak pada rumitnya pembuatan rubrik penilaian. Selain itu, waktu yang dibutuhkan dalam pengimplementasian penilaian itu cukup lama. Penelitian ini difokuskan pada penilaian autentik guru Akidah Akhlak dalam Kurikulum 2013, adapun pertanyaan-pertanyaan penelitiannya adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah penilaian autentik aspek sikap (sikap religius dan sikap sosial) yang digunakan guru Akidah Akhlak dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kunir Wonodadi Blitar?; (2) Bagaimanakah penilaian autentik aspek pengetahuan yang digunakan guru Akidah Akhlak dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kunir Wonodadi Blitar?; (3) Bagaimanakah penilaian autentik aspek keterampilan yang digunakan guru Akidah Akhlak dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kunir Wonodadi Blitar? Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan), studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kunir Wonodadi Blitar. Teknik pengumpulaln data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi, display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu, pertama bahwa penilaian autentik guru Akidah Akhlak dalam aspek sikap (religius dan sosial) di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kunir menggunakan berapa teknik penilaian. Teknik penilaian yang digunakan adalah observasi, penilaian diri, wawancara dan jurnal. Dalam penerapannya guru belum menggunakan instrumen yang jelas. Sehingga bisa menimbulkan penilaian tidak objektif. Dalam memberi nilai guru Akidah Akhlak menggunakan menggunkan sistem penskoran. Rentang skor yang digunakan mulai dari angka 1, 2, 3 dan 4. Skor 1 menunjukkan nilai kurang (K), skor 2 menunjukkan nilai cukup (C), skor 3 menunjukkan nilai baik (B), dan skor 4 menunjukkan nilai sangat baik (SB). Kedua, Penilaian autentik guru Akidah Akhlak dalam aspek pengetahuan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kunir menggunakan teknik penilaian tes tertulis dan tes lisan. Tes tertulis digunakan dalam Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester. Sedangkan tes lisan digunakan di awal dan di akhir pembelajaran. Ketiga, Penilaian autentik guru Akidah Akhlak dalam aspek keterampilan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kunir menggunakan teknik praktik, proyek dan portofolio. Teknik praktik diwujudkan dengan membaca atau menghafal dalil dari Al-Quran ataupun hadis yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Kemudian, teknik proyek bisa digunakan dengan memberikan tugas untuk membuat peta konsep dan membuat tulisan tentang bukti iman kepada malaikat sesuai kreativitas siswa atau dengan tugas yang diberikan kepada siswa untuk mencari materi tambahan lewat buku yang ada di perpustakaan ataupun lewat internet. Lalu, teknik portofolio bisa digunakan dengan cara siswa membuat karya berupa mading.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133220 Qomariatun
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:46
Last Modified: 28 Aug 2017 04:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5922

Actions (login required)

View Item View Item