PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SKI PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

IZZATUL MILLA, 2817133078 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SKI PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar SKI Peserta Didik Kelas V MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung ” ini ditulis oleh Izzatul Milla, NIM2817133078, dosen Pembimbing Dr.Eni Setyowati, S.Pd, MM Kata Kunci: Kooperatif, Team Assisted Individualization (TAI),Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak pembelajaran SKI yang menerapkan pembelajaran konvensional.Dengan pembelajaran konvensional, membuat peserta didik kurang aktif dan menjadikan hasil belajar peserta didik rendah. Seorang guru dituntut dapat memiliki keterampilan yang memadai dalam mengembangkan berbagai model pembelajaran .Dalam upaya meningkatkan hasil belajar maka guru dapat menggunakan pendekatan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar SKI antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan konvensioal pada peserta didik kelas V MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung? (2) Adakah pengaruh yang signifikan pengguna model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar SKI materi Umar Bin Khattab Sang Pemberani peserta didik kelas V MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung ? (3) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar SKI peserta didik kelas V MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung ?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar SKI antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan konvensioal, untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pengguna model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar dan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 22 peserta didik dan VB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 23 peserta didik.Pengambilan data dilakukan dengan metode posttest untuk mengetahui hasil belajar peserta didik .Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Dan perhitungan effect size dengan rumus cohen’s untuk mengetahui besarnya pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI rata-rata 83,45 diatas KKM lebih baik dari model konvensional, (2) ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai thitung = 3,98 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 1,69 sehingga nilai thitung> ttabel (3) besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar sebesar 88% yang mana presentase tersebut tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133078 IZZATUL MILLA
Date Deposited: 28 Aug 2017 03:34
Last Modified: 28 Aug 2017 03:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5912

Actions (login required)

View Item View Item