Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sains Siswa Kelas V SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014

SUHADAK, IMAM (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sains Siswa Kelas V SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I,II,III,IV,V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Model Student Team Achievement Division (STAD), Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran sains di SDI Sunan Giri ini masih terdapat beberapa hambatan dalam pembelajaran, di antaranya adalah: 1) Adanya metode yang digunakan dalam proses pembelajaran sains kurang bervariatif, misalnya ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Ada kalanya siswa akan merasa bosan dan kurang bersemangat dalam belajar, dan kalaupun diadakan tanya jawab siswa yang aktif akan mendominasi siswa yang kurang aktif atau bahkan tidak aktif serta tak semua siswa juga berani menyatakan pendapatnya.2) Perolehan hasil belajar/prestasi Sains beberapa siswa kelas V yang masih di bawah KKM sekolah yaitu kurang dari 75. Hal ini juga disampaikan oleh guru mata pelajaran Sains yang bersangkutan. Bahwasanya prestasi belajar siswa khususnya kelas V pada mata pelajaran Sains masih rendah, hal ini ditunjukkan dengan nilai yang diperoleh siswa setiap diadakan ulangan harian yang masih dibawah KKM. Dan terlihat bahwa partisipasi beberapa siswa rendah dalam kegiatan pembelajaran Sains. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) mata pelajaran Sains pada materi gaya Siswa Kelas V SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar Sains pada materi gaya siswa kelas V SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014 dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD)? Tujuan dari penelitian tersebut adalah: (1) Mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) mata pelajaran Sains materi gaya siswa kelas V SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. (2) Mendiskripsikan peningkatan prestasi belajar Sains pada materi gaya siswa kelas V SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014 dengan diterapkannya model pembelajarn kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: tahap perencanan (plan), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap trefleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar Sains siswa kelas V SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung. Setelah peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran tipe Student Team Achievement Division (STAD), akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sains siswa kelas V SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari awal Pre Test hingga siklus II yaitu, hasil belajar siswa pada saat Pre Test (54,7%), siklus I (56,3%), siklus II (87,4%). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar Sains siswa kelas V SDI Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 07 Oct 2014 04:34
Last Modified: 07 Oct 2014 04:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59

Actions (login required)

View Item View Item