PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR PERSERTA DIDIK MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS IV MI MUHAMMADIYAH PLUS GEMAHARJO WATULIMO TRENGGALEK

MEI AKUN ALILIA, 2817133102 (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR PERSERTA DIDIK MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS IV MI MUHAMMADIYAH PLUS GEMAHARJO WATULIMO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (216kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (60kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dan Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Perserta Didik Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IV MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo, Watulimo, Trenggalek” ini ditulis oleh Mei Akun Alilia Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), IAIN Tulungagung, Pembimbing Dr. Mohammad Jazeri, M.Pd. Kata Kunci: Talking Stick, Ekspositori, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yng kurang memuasakan karena pendidik mengajar dengan menggunakan metode ekspositori. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk mengetahui perbedaannya dengan metode ekspositori. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada perbedaan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo, Watulimo, Trenggalek, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Ada atau tidak perbedaan positif signifikan dari model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo, Watulimo, Trenggalek. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo, Watulimo, Trenggalek. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A dan kelas IV-B, dimana kelas IV-A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22 peserta didik dan kelas IV-B sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 22 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan model quasi eksperimental design. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah hasil tes dan dokumentasi. Data hasil tes peserta didik diperoleh melalui tes yang digunakan untuk menguji hipotesis. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji-T. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: Tedapat berbedaan hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak pada penggunaan model kooperatif tipe Talking Stick dan model ekspositori peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata post test kedua kelas tersebut diketahui besarnya rata-rata kelas eksperimen sebesar 93,41 sedangkan pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 88.41.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133102 MEI AKUN ALILIA
Date Deposited: 29 Aug 2017 01:50
Last Modified: 29 Aug 2017 01:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5890

Actions (login required)

View Item View Item