PENGARUH KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP DISIPLIN IBADAH SISWA DI SMP NEGERI 1 POGALAN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

QURROTI A’YUNINA, 2811133221 (2017) PENGARUH KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP DISIPLIN IBADAH SISWA DI SMP NEGERI 1 POGALAN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Disiplin Ibadah Siswa di SMP Negeri 1 Pogalan”, ini ditulis oleh Qurroti A’yunina, NIM. 2811133221. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Asrop Syafi’i, M.Ag, NIP. 19690918 200003 1 002 Kata Kunci: Kompetensi Guru dan Disiplin Ibadah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan seperti kurangnya guru dalam mendisiplinkan siswa dalam melaksanakan disiplin ibadah kususnya sholat lima waktu, guru kurang bisa memberi motivasi kepada siswa tentang disiplin ibadah dan guru Pendidikan Agama Islam telalu menekankan pada teori, kurang dalam mempraktekkan dalam disiplin ibadah. Untuk mendapat hasil yang sesuai dengan tujuan meningkatakan disiplin ibadah siswa, guru harus mempunyai kompetensi yang cukup dan didukung dengan memberi motivasi yang berkaitan tentang ibadah sholat lima waktu tersebut. Rumusan masalah: (1) Adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap disiplin ibadah siswa di SMP Negeri 1 Pogalan. (2) Adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap disiplin ibadah siswa di SMP Negeri 1 Pogalan (3) Adakah pengaruh kompetensi sosial guru PAI terhadap disiplin ibadah siswa di SMP Negeri 1 Pogalan. (4) Adakah pengaruh kompetensi profesional guru PAI terhadap disiplin ibadah siswa di SMP Negeri 1 Pogalan Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap disiplin ibadah siswa di SMP Negeri 1 Pogalan. (2) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap disiplin ibadah siswa di SMP Negeri 1 Pogalan (3) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi sosial guru PAI terhadap disiplin ibadah siswa di SMP Negeri 1 Pogalan. (4) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru PAI terhadap disiplin ibadah siswa di SMP Negeri 1 Pogalan Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pogalan tahun pelajaran 2016-2017, yang terdiri dari 314 siswa. Dengan teknik random sampling diperoleh sampel 83 siswa. Variabel bebas: Kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Variabel terikat: Disiplin ibadah siswa. Sumber data: dokumen. Teknik pengumpulan data: angket, dokumentasi, observasi, wawancara. Teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, dan regresi ganda dengan bantuan SPSS for Windows 16.0. Hasil penelitian: (1) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru PAI terhadap disiplin ibadah siswa di SMP Negeri 1 Pogalan. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa t-hitung kompetensi pedagogik guru PAI = 1,602 lebih kecil dari t-tabel = 1,990. (2) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian guru PAI terhadap disiplin ibadah siswa di SMP Negeri 1 Pogalan di tunjukkan bahwa t-hitung kompetensi kepribadian guru PAI = 0,479 lebih kecil dari t-tabel = 1,990. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi sosil guru PAI terhadap disiplin ibadah siswa di SMP Negeri 1 Pogalan di tunjukkan bahwa t-hitung kompetensi sosial guru PAI = 2,450 lebih besar dari t-tabel = 1,990. (4) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru PAI terhadap disiplin ibadah siswa di SMP Negeri 1 Pogalan di tunjukkan bahwa t-hitung kompetensi profesional guru PAI = 0,547 lebih kecil dari t-tabel = 1,990.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133221 QURROTI A’YUNINA
Date Deposited: 25 Aug 2017 07:33
Last Modified: 25 Aug 2017 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5883

Actions (login required)

View Item View Item