PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP AKHLAK SISWA DI MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR

AGUNG PRIAMBODO, 2811133013 (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP AKHLAK SISWA DI MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (500kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (415kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (181kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Akhlak Siswa di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar ”, ini ditulis oleh Agung Priambodo, NIM. 2811133013. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd, NIP. 19810801 200912 1 004. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional dalam Mengelola Emosi, Kecerdasan Emosional dalam Memotivasi Diri Sendiri, Akhlak Siswa. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya pengertian kecerdasan emosional dan akhlak siswa terhadap guru, sehingga banyak yang melakukan pelanggaran. Sehingga semakin banyak bimbingan dan sanksi kepada siswa yang melanggar maka akan semakin sedikit siswa yang melanggar di sekolah. Rumusan masalah: (1) Adakah Pengaruh Kecerdasan Emosional dalam Mengelola Emosi terhadap Akhlak Siswa di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? (2) Adakah Pengaruh Kecerdasan Emosional dalam Memotivasi diri sendiri terhadap Akhlak Siswa di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? (3) Adakah Pengaruh Kecerdasan Emosional dalam Mengelola Emosi dan Memotivasi diri sendiri terhadap Akhlak Siswa di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional dalam Mengelola Emosi terhadap Akhlak Siswa di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. (2) Untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional dalam Memotivasi diri sendiri terhadap Akhlak Siswa di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. (3) Untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional dalam Mengelola Emosi dan Memotivasi diri sendiri terhadap Akhlak Siswa di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa kelas VIII di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, yang terdiri dari 288 siswa . Dengan teknik random sampling diperoleh sampel 165 siswa. Variabel bebas: Kecerdasan Emosional dalam Mengelola Emosi dan Memotivasi diri sendiri. Variabel terikat: Akhlak siswa. Sumber data: Responden dan Dokumen. Teknik pengumpulan data: angket, teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, homogenitas dan anova dengan bantuan SPSS for Windows 21.0. Hasil penelitian: (1) Ada pengaruh sangat signifikan antara Kecerdasan Emosional dalam Mengelola Emosi terhadap Akhlak Siswa di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara Kecerdasan Emosional dalam Memotivasi diri sendiri terhadap Akhlak Siswa di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,000 lebih dari 0,05. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara program Kecerdasan Emosional dalam Mengelola Emosi dan Memotivasi diri sendiri terhadap Akhlak Siswa di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar yang ditunjukkan oleh nilai F hitung = 60,598 dan pengaruhnya sebesar 17,0%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133013 AGUNG PRIAMBODO
Date Deposited: 24 Aug 2017 03:28
Last Modified: 24 Aug 2017 03:28
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/5871

Actions (login required)

View Item View Item