PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAMPESERTA DIDIK KELAS III-A MI MIFTAHUL HUDA DONO SENDANG TULUNGAGUNG

FITRI RAHAYU, 2817133056 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAMPESERTA DIDIK KELAS III-A MI MIFTAHUL HUDA DONO SENDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik Kelas III-A MI Miftahul Huda Dono Sendang Tulungagung” ini ditulis oleh Fitri Rahayu, NIM. 2817133056, pembimbing Musrikah, M.Pd. Kata kunci: Kooperatif, Make a Match, Keaktifan dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh keaktifan dan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas III-A MI Miftahul Huda Dono Sendang Tulungagung masih rendah. Guru masih menggunakan model pembelajaran yang bersifat konvensional, sehingga pembelajaran didominasi oleh guru. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam kegiatan belajar mengajar. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match ini diharapkan mampu membuat peserta didik lebih memahami materi sehingga keaktifan dan hasil belajar dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pokok bahasan masyarakat Arab pra-Islam peserta didik kelas III-A MI Miftahul Huda Dono Sendang Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pokok bahasan masyarakat Arab pra-Islam peserta didik kelas III-A MI Miftahul Huda Dono Sendang Tulungagung? Jenis yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebanyak dua siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: Perencanaan (planning), pelaksanakan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III-A MI Miftahul Huda dengan jumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain tes, observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi waktu), dan pengecekan teman sejawat. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik 75% dari tujuan yang dicapai dengan nilai kriteria ketuntasan minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pokok bahasan masyarakat Arab pra-Islam meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi keaktifan peserta didik siklus 1 dengan presentase rata-rata sebesar 70,52% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,44%. (2) hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam meningkat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tes awal peserta didik adalah 61,40 dengan persentase ketuntasan 27,27%. Nilai rata-rata peserta didik pada siklus I adalah 74,54 dengan persentase ketuntasan 72,72%. Kemudian nilai rata-rata peserta didik meningkat pada siklus II menjadi 84 dengan persentase ketuntasan 90,90%. Hasil belajar afektif peserta didik juga meningkat, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil angket respon peserta didik siklus I dengan presentase rata-rata sebesar 70,4% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,49%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas III-A MI Miftahul Huda Dono Sendang Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133056 FITRI RAHAYU
Date Deposited: 23 Aug 2017 02:05
Last Modified: 23 Aug 2017 02:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5842

Actions (login required)

View Item View Item