PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SEKOLAH DASAR ISLAM (SDI) BABADAN WLINGI BLITAR

RULI NOVITA SARI, 2817133172 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SEKOLAH DASAR ISLAM (SDI) BABADAN WLINGI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (226kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (985kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas V di Sekolah Dasar Islam (SDI) Babadan Wlingi Blitar” ini ditulis oleh Ruli Novitasari, NIM. 2817133172, Pembimbing: Muhamad Zaini, MA Kata Kunci : Problem Solving, Prestasi Belajar, IPS Pembangunan nasional di bidang pendidikan merupakan usaha mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur. Guru memiliki tanggung jawab dalam hal membangun prestasi siswa khususnya pada tingkat pendidikan dasar. Guru harus mampu dalam mengembangkan berbagai cara untuk diterapkan dalam kelas. Atas dasar alas an tersebut perlu adanya sebuah penelitian dalam mengembangkan cara yang dapat diimplementasikan dalam kelas untuk meningkatkan prestasi siswa. Atas dasar alas an tersebut peneliti mengambil langkah dengan meneliti pengaruh metode pembelajaran Problem Solving terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS di kelas V SDI Babatan, Wlingi. Dalam penelitian ini peneliti membuat dua rumusan masalah. Rumusan masalah tersebut adalah: (1) Bagaimana penggunaan metode pembelajaran Problem Solving dan prestasi belajar siswa Mata Pelajaran IPS Kelas V di Sekolah Dasar Islam (SDI) Babadan Wlingi Blitar? (2) Apakah penggunaan metode pembelajaran Problem Solving berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa Mata Pelajaran IPS Kelas V di Sekolah Dasar Islam (SDI) Babadan Wlingi Blitar? Dengan pendekatan kuantitatif peneliti melakukan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) yang melibatkan 50 sampel Kelas V di Sekolah Dasar Islam (SDI) Babadan Wlingi Blitar yang di bagi menjadi kelompok kontrol dan eksperimental. Peneliti menyelenggarakan kegiatan pretes, pembelajaran, dan postes. Kegiatan pembelajaran IPS dengan materi kenampakan alam dan buatan, serta pembagian waktu di seluruh wilayah Indonesia dengan metode problem solving dilaksanakan selama dua pertemuan dengan tahap pendahuluan, eksplorasi, elaborasi, konfirmasi, dan penutup. Didalam kegiatan tersebut dilaksanakan fase-fase pembelajaran problem solving yaitu: a) penemuan fakta, 2) penemuan masalah berdasar fakta-fakta yang telah dihimpun, ditentukan masalah atau pertanyaan kreatif untuk dipecahkan, 3) penemuan gagasan, menjaring sebanyak mungkin alternatif jawaban, untuk memecahkan masalah, 4) penemuan jawaban, penentuan tolok ukur atas kriteria pengujian jawaban, sehingga ditemukan jawaban yang diharapkan, dan 5) penentuan penerimaan, diketemukan kebaikan dan kelemahan gagasan, kemudian menyimpulkan dari masing-masing yang dibahas. Model pembelajaran problem solving memberikan pengaruh yang lebih baik pada prestasi belajar materi IPS di kelas V SDI Babadan, Wlingi, Blitar. Hal tersebut ditunjukan oleh nilai F untuk X sebagai perlakuan adalah 22,636 dengan nilai sig. atau probabilitas (P) 0,000. Nilai P ≤ 0,050 menunjukan bahwa perlakuan memberikan pengaruh signifikan dalam mempengaruhi postes pada taraf signifikansi 95%. kelas eksperimen memiliki mean 86,677 sedangkan kelas kontrol meiliki mean 74,043. Kelas eksperimen memiliki mean lebih besar daripada kelas control dimana keadaan tersebut mengindikasikan bahwa model pembelajaran problem solving memberikan pengaruh yang lebih baik. Berdasarkan hasil tersebut maka guru dapat menerapkan pembelajaran IPS dengan metode Problem Solving karena metode tersebut menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: SKRIPSI 2817133172 RULI NOVITA SARI
Date Deposited: 18 Aug 2017 02:43
Last Modified: 18 Aug 2017 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5760

Actions (login required)

View Item View Item