IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTsN PUCANGLABAN TULUNGAGUNG

DIAN ANDRIANI, 2811133064 (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTsN PUCANGLABAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (143kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN Pucanglaban” ini ditulis oleh Dian Andriani, NIM 2811133064, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M. Ag Kata kunci : implementasi kurikulum 2013, Al-Qur’an Hadits Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh fenomena pelaksanaan pembelajaran pada sekolah-sekolah yang belum sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013. Masih banyak sekolah yang menggunakan kurikulum 2013 akan tetapi dalam pelaksanaannya masih menggunakan KTSP. Pelaksanaan kurikulum 2013 yang cukup rumit baik dalam perencanaan, pelaksanaannya di dalam kelas, dan pada penilaiannya membuat implementasinya di sekolah belum maksimal. Mata pelajaran rumpun PAI yang terlebih dahulu menggunakan kurikulum 2013 tidak menjadikan implementasinya dapat dikatakan maksimal, salah satunya pada mata pelajaran Al-qur’an hadits. Penelitian ini dilakukan di salah satu lembaga pendidikan di Tulungagung yaitu MTsN Pucanglaban yang lokasinya berada di daerah pegunungan. Letak lokasi yang cukup strategis membuat peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian di sana. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MTsN Pucanglaban pada tahap perencanaan. 2) Bagaimana implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MTsN Pucanglaban pada tahap pelaksanaan. 3) Bagaimana implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MTsN Pucanglaban pada tahap penilaian. Skripsi ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MTsN Pucanglaban pada tahap perencanaan. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MTsN Pucanglaban pada tahap pelaksanaan. 3) Untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MTsN Pucanglaban pada tahap penilaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang di dalamnya peneliti bertindak sebagai instrument penelitian dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif study kasus, dalam arti penelitian difokuskan pada satu fenomena saja yang dipilih dan ingin dipahami secara mendalam, dengan mengabaikan fenomena-fenomena lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam agar peneliti memperoleh data secara mendalam, observasi partisipan pasif dimana peneliti hanya mengamati fenomena yang terjadi dan tidak terlibat langsung dalam kegiatan yang ada dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclision Drawing atau Verifikasi sebagai mana dikemukakan oleh Miles and Huberman. Hasil penelitian implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Al-qur’an hadits di MTsN Pucanglaban menunjukkan bahwa 1) Pada tahap perencanaan guru sudah mampu membuat perencanaan pembelajaran dengan baik dalam bentuk RPP yang sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013 2) Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, penggunaan pendekatan sanitifik di MTsN Pucanglaban belum dapat dilaksanakan secara maksimal. Dalam penggunaan metode pembelajaran metode ceramah masih mendominasi, sedangkan dalam penggunaan media guru jarang menggunakan media namun terkadang menggunakan media visual dan audio visual. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 bisa dilaksanakan secara maksimal baik pada kelas VII, VIII, IX yang merupakan kelas unggulan (kelas excellent) saja. Pada kelas regular pelaksanaannya belum maksimal dan terkadang masih kembali pada KTSP 3) Pada tahap penilaian yang dilakukan oleh guru di MTsN Pucanglaban pada mata pelajaran Al-qur’an hadits sesuai dengan kurikulum 2013 meliputi tiga aspek yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. a) Penilaian sikap dilakukan dengan menggunakan teknik observasi. b) Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menggunakan tes tertulis, tes lisan, dan juga penugasan. c) Penilaian keterampilan dilakukan dengan menggunakan penilaian proyek atau praktikum.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133064 DIAN ANDRIANI
Date Deposited: 16 Aug 2017 06:13
Last Modified: 16 Aug 2017 06:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5738

Actions (login required)

View Item View Item