Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris pada Peserta Didik Kelas V Di MI Darussalam Aryojeding Tulungagung

RIKMA RATRI, 2817133155 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris pada Peserta Didik Kelas V Di MI Darussalam Aryojeding Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (589kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (486kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Ratri, Rikma., 2817133155, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris pada Peserta Didik Kelas V Di MI Darussalam Aryojeding Tulungagung” Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung. Pembimbing: Dr.Susanto M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Hasil Belajar Penelitian itu dilakukan dasar adanya masalah pada pembelajaran Bahasa Inggris di MI Darussalam 02 Aryojeding Tulungagung dimana terdapat kurangnya keaktifan, kerjasama dan hasil Belajar dalam pembelajaran dikelas. Dalam hal ini, peneliti berusaha mengatasi masalah – masalah dalam pembelajaran Bahasa Inggris melalui penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dalam proses penerapannya diharapkan dapat membantu meningkatkan Keaktifan, Kerjasama, dan Hasil Belajar peserta didik Kelas V MI Darussalam 02 Aryojeding Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw yang di kembangkan pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris peserta didik Kelas V di MI Darussalam 02 Aryojeding Rejotangan Tulungagung?, (2) Bagaimana peningkatan Keaktifan dan Kerjasama Penenerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw yang di kembangkan pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris peserta didik Kelas V di MI Darussalam 02 Aryojeding Rejotangan Tulungagung?, (3) Bagaimana peningkatan Hasil Belajar Penenerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw yang di kembangkan pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris peserta didik Kelas V di MI Darussalam 02 Aryojeding Rejotangan Tulungagung Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) (Class Action Research) meliputi : (1) tahap perencanaan (Planing), (2) tahap pelaksanaan (Impl), (3) tahap observasi (Observ), dan tahap refleksi (Reflect). Perencanaan Siklus Pertama dibuat berdasarkan hasil observasi awal. Sementara itu, di Siklus Kedua, perencanaan itu dibuat berdasarkan hasil Refleksi. Pada langkah Implementasi, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dipekerjakan dalam siklus I dan II. Sementara itu di fase Observing dengan melakukan wawancara, observasi, membuat catatan lapangan, dokumentasi dan tes administrasi, data dikumpulkan. Akhirnya, di siklus I dan II, data yang xix dikumpulkan dianalisis untuk menentukan apakah ada atau tidak indikator yang ditentukan telah terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan telah terjadi peningkatan Keatifan dan Kerjasama melalui Penerapan Model pembelajran Kooperatif tipe Jigsaw mata pelajaran Bahasa Inggris peserta didik Kelas V di MI Darussalam 02 Aryojeding Aryojeding Tulungagung. menunjukkan bahwa dari penelitian di Siklus I dan Siklus II di temukan perkembangan keaktifan masing – masing peserta didik dari masing – masing Kelompok Asal, terbukti peningkatan skor poin perkembangan keaktifan dan kerjasama peserta didik pada Siklus I sebesar 75,33% dan pada Siklus II sebesar 93,00%. Sehingga kenaikan prosentasenya dari Siklus I ke Siklus II sebesar 46%. Sedangkan peningkatan Hasil belajar peserta didik dapat diketahui dari skor hasil dari nilai prosentase rata-rata ketuntasan hasil belajar peserta didik 34,62% pada Pre Test, meningkat menjadi 61,54% pada Post Test Siklus I, dan meningkat lagi menjadi 92,30% pada Post Test Siklus II. Selain dapat di lihat dari prosentase nilai rata-rata ketuntasan hasil belajar peserta didik sekurang kurangnya > 75% dari seluruh jumlah peserta didik. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan Keaktifan, Kerjasama, dan Hasil belajar mata pelajaran bahasa Inggris peserta didik Kelas V di MI Darussalam 02 Aryojeding Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: SKRIPSI 2817133155 RIKMA RATRI
Date Deposited: 23 Aug 2017 07:25
Last Modified: 23 Aug 2017 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5735

Actions (login required)

View Item View Item