PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SD ISLAM AL-AZHAR TULUNGAGUNG

INTAN AYU AULIA ROHMAH, 2811133109 (2017) PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SD ISLAM AL-AZHAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di SD Islam Al-Azhar Tulungagung” ini ditulis oleh Intan Ayu Aulia Rohmah, NIM. 2811133109, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Luk Luk Nur Mufidah, M.Pd.I Kata Kunci : Metode Yanbu’a, Membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya anak-anak yang kurang tertarik oleh pembelajaran Al-Qur’an dan belum bisa membaca Al-Qur’an dan menulis huruf hijaiyyah dengan baik. Walaupun memiliki kemampuan membaca, namun belum sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrojnya yang benar. Hal tersebut tidak hanya dialami oleh para siswa pelajar saja, tetapi juga kalangan remaja bahkan lanjut usia. Dihadapkan dengan permasalahan tersebut terdapat pembelajaran metode Yanbu’a sesuai dengan kaidah tajwid yang benar yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing siswa. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: (1)Bagaimana penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SD Islam Al-Azhar Tulungagung?(2) Apa kelebihan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SD Islam Al-Azhar Tulungagung?(3) Apa hambatan dari penerapan metode yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SD Islam Al Azhar Tulungagung, dan bagaimana upaya guru SD Islam Al-Azhar Tulungagung dalam mengatasi hambatan tersebut? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di SD Islam Al-Azhar Tulungagung dalam belajar membaca Al-Qur’an pada santri dengan menggunakan metode Yanbu’a yakni: (1) Penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SD Islam Al-Azhar Tulungagung yaitu penyampaian materi menggunakan teknik klasikal, baca simak klasikal, dan sorogan individual. Dan menerapkan lalaran surat pendek secara klasikal disetiap akhir pelajaran . Dalam kegiatan pembelajarannya melalui 3 tahap yang sangat berkesinambungan yaitu dari tahap pra intruksional, tahap pengajaran (intruksional) dan tahap penutup (2) Kelebihan dari penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SD Islam Al-Azhar Tulungagung yaitu Al-Qur’an ditulis dengan menggunakan Rosm Ustmani, anak-anak lebih bisa membaca Al-Qur’an dengan cepat, semua materi Yanbu’a disesuaikan dengan kemampuan siswa, anak-anak bisa mengenal tulisan Arab. (3) Hambatan dari penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dan upaya guru dalam mengatasi hambatan tersebut di SD Islam Al-Azhar Tulungagung yaitu (a) Adanya kemampuan setiap anak yang berbeda dengan anak yang lain. Dalam hal ini guru harus lebih telaten dalam pengajarannya, guru tidak boleh lelah dan terus memberi motivasi terhadap anak agar tidak mudah putus asa dalam belajar dan guru harus bisa menyesuaikan dengan keadaan murid masing-masing. (b) Kurang konsentrasinya peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Yanbu’a, sehingga dalam mengikuti proses pembelajaran mereka tidak bersemangat. Upaya guru dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu dengan terus menegur dan memberi motivasi tersendiri agar para murid bisa semangat lagi dalam mengikuti proses pembelajaran sampai selesai.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133109 INTAN AYU AULIA ROHMAH
Date Deposited: 14 Aug 2017 02:42
Last Modified: 14 Aug 2017 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5705

Actions (login required)

View Item View Item