PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IV MI MUHAMMADIYAH PLUS SUWARU BANDUNG TULUNGAGUNG

ANA CHUSNUL KHOTIMAH, 2817133009 (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IV MI MUHAMMADIYAH PLUS SUWARU BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (449kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (299kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar rujukan.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas IV MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bnadung Tulungagung” ini ditulis oleh Ana Chusnul Khotimah, NIM. 2817133009, Pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata kunci: Metode Pembelajaran Index Card Match, Hasil Belajar Aqidah Akhlak Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya proses pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung dan menyebabkan hasil belajarnya rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Aqidah Akhlak kurang bervariasi, peserta didik bosan dan jenuh dalam pembelajaran Aqidah Akhlak karena guru menggunakn model pembelajaran konvensional(hafalan, penugasan, tanya jawab), suasana kelas tergolong ramai, Nilai peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum yaitu dibawah 75. Dalam pembelajaran aqidah Akhlak ada beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan untuk meningkatkan hasil belajara peserta didik salah satunya adalah metode index card match, yaitu metode pencocokan kartu indek. Dengan menggunakan metode pembelajaran ini, para peserta akan menjadi lebih semangat dan antusiasnya dalam pembelajaran menjadi lebih tinggi. Dan peserta didik tidak akan merasa takut dan sulit dalam mengerjakan soal Aqidah Akhlak, maka dari itu bisa meningkatkan hasil belajar AqidahAkhlak. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah, (1)Bagaimana peningkatan kerjasama peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Aqidah Akhlak materi Akhlak Terpuji Nabi dan Rasul melalui penerapan Model Coopeative Laearning tipe Index Card Match kelas IV MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung? (2) Bagaiman peningkatan keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Aqidah Akhlak materi Akhlak Terpuji Nabi dan Rasul melalui penerapan penerapan Model Coopeative Laearning tipe Index Card Match kelas IV MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung?(3) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Aqidah Akhlak materi Akhlak Terpuji Nabi dan Rasul melalui penerapan Model Coopeative Laearning tipe Index Card Match kelas IV MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memaparkan peningkatan kerjasama peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Aqidah Akhlak materi Akhlak Terpuji Nabi dan Rasul peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung (2) Untuk memaparkan peningkatan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Aqidah Akhlak materi Akhlak Terpuji Nabi dan Rasul peserta didik kelas IV MI Suwaru Plus Muhammadiyah Bandung Tulungagung (3) Untuk memaparkan peningkatan hasil belajar matematika materi Akhlak Terpuji Nabi dan Rasul peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV –A Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 75. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan adanya temuan pada fokus penelitian 1 peningkatan kejasama peserta didik dari siklus I 76% ke siklus II menjadi 89% hal ini menunjukan peningkatan sebesar 12 %. Selain itu juga adanya temuan pada fokus penelitian 2 peningkatan pada keaktifan peserta didik dari siklus I 85% ke siklus II menjadi 90 % hal ini menunjukan peningkatan sebesar 5 %. Dan temuan pada fokus penelitian 3 hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 74,5(45,8%) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 89,58(91,66%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 15,08. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan index card martch dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak materi Akhlak Terpuji Nabi dan Rasul peserta didik kelas IV Madrasah Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133009 ANA CHUSNUL KHOTIMAH
Date Deposited: 21 Aug 2017 03:18
Last Modified: 21 Aug 2017 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5700

Actions (login required)

View Item View Item