PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN MEDIA AUDIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS III MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

YUNIA FAJAROTIN, 2817133210 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN MEDIA AUDIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS III MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (951kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dengan Media Audio untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas III MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungaguung” ini ditulis oleh Yunia Fajarotin, NIM. 2817133210, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci : Make a Match, Media Audio, Hasil Belajar, Aqidah Akhlak Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung yang hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Dalam hal ini, peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan media audio. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan media audio dalam pembelajaran diharapakan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kerjasama pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Malaikat-malaikat Allah dan tugas-tugasnya melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan media audio peserta didik kelas III MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatan keaktifan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Malaikat-malaikat Allah dan tugas-tugasnya melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan media audio peserta didik kelas III MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Malaikat-malaikat Allah dan tugas-tugasnya melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan media audio peserta didik kelas III MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung tahun ajaran 2016/2017?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kerjasama pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Malaikat-malaikat Allah dan tugas-tugasnya melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan media audio peserta didik kelas III MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Malaikat-malaikat Allah dan tugas-tugasnya melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan media audio peserta didik kelas III MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. (3) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Malaikat-malaikat Allah dan tugas-tugasnya melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan media audio peserta didik kelas III MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas dan penelitian ini sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Proses pelaksanaan tindaka kelas meliputi : (1) tahap perencanaan (planning), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap refleksi (reflection). Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung yang terdiri atas 7 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas III MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. Sedangkan observasi, wawancara dan catatatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Aqidah Akhlak, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan peneliti. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan telah terjadi peningkatan kemampuan kerjasama peserta didik mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan Malaikat-Malaikat Allah dan tugas-tugasnya. Hal ini dapat dilihat dari observasi kerjasama peserta didik pada siklus I dengan kriteria keberhasilan tindakan tergolong kurang dengan persentase rata-rata 69,33% dan pada siklus II kriteria keberhasilan tindakan meningkat menjadi baik dengan persentase rata-rata 89,33%. Kemudian juga terjadi peningkatan kemampuan keaktifan peserta didik mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan Malaikat-Malaikat Allah dan tugas-tugasnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi keaktifan peserta didik pada siklus I dengan kriteria keberhasilan tindakan tergolong kurang dengan persentase rata-rata 67,5% dan pada siklus II kriteria keberhasilan tindakan meningkat menjadi baik dengan persentase 80%. Dan telah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Malaikat-Malaikat Allah dan tugas-tugasnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata peserta didik 59,05 dengan persentase ketuntasan 23,53 %, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik hanya mencapai 73,88 dengan persentase ketuntasan 64,70% dan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 93,64 dengan persentase ketuntasan 82,35%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan media audio dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas III MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133210 YUNIA FAJAROTIN
Date Deposited: 11 Aug 2017 06:55
Last Modified: 11 Aug 2017 06:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5699

Actions (login required)

View Item View Item