PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA MAN 2 TULUNGAGUNG

AKHADIYAH FITRIA NINGSIH, 2811133025 (2017) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA MAN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (380kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (526kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (897kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (126kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak di MAN 2 Tulungagung”, ini ditulis oleh Akhadiyah Fitria Ningsih, NIM. 2811133025. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag, NIP. 19690918 200003 1 102. Kata Kunci:Pendidikan Karakter (Religius dan Tanggung Jawab), Prestasi Belajar Akidah Akhlak. Penelitian ini dilatarbelakangi olehtidak berhasilnya pendidik menekankan pentingnya pendidikan karakter peserta didik dan lemahnya metodologi pengajaran akhlak kepada peserta didik. Pendidikan karakter sangat penting diimplementasikan dalam ranah pendidikan, khususnya di sekolah untuk merubah tingkah laku yang baik dan mulia. Untuk mewujudkan akhlak yang baik dan mulia dalam diri siswa maka pendidikan karakter di sekolah perlu dikembangkan melalui integrasi pembelajaran dan budaya sekolah. Melihat hal itu, peneliti tertarik untuk mengkajinya lebih jauh tentang pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa di MAN 2 Tulungagung. Tujuanpenelitian: (1) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter religius terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak siswa di MAN 2 Tulungagung.(2) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter tanggung jawab terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak siswa di MAN 2 Tulungagung.(3)Untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak siswa di MAN 2 Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa MAN 2 Tulungagung tahun pelajaran 2016-2017, yang terdiri dari 339 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proposional random sampling teknik ini bisa digunakan pada populasi yang mempunyai susunan bertingkat atau berlapis. Peneliti menjadikan siswa kelas XII sebagai sampel dalam penelitian ini diperoleh sampel sebesar 51 siswa. Variabel bebas: Pendidikan Karakter Religius dan Pendidikan Karakter Tanggung jawab. Variabel terikat: Prestasi belajar Akidah Akhlak. Sumber data: dokumen. Teknik pengumpulan data: angket. Teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, dan regresi ganda dengan bantuan SPSS for Windows 23.0. Hasil penelitian: (1)Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan karakter religius terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak siswa di MAN 2 Tulungagung. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa t-hitung pendidikan karakter religius = 3,208 lebih besar dari t-tabel = 2,010. (2)Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan karakter tanggung jawab terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak siswa di MAN2 Tulungagung yang ditunjukkan oleh t-hitung pendidikan kararkter tanggung jawab = 2,753 lebih besar dari t-tabel = 2,010. (3) Ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara pendidikan karakter religius dan pendidikan karakter tanggung jawab terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak siswa di MAN 2 Tulungagung yang ditunjukkan oleh nilai F hitung = 11,850 dan pengaruhnya sebesar 30,3%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133025 AKHADIYAH FITRIA NINGSIH
Date Deposited: 03 Aug 2017 07:25
Last Modified: 03 Aug 2017 07:25
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/5635

Actions (login required)

View Item View Item