STRATEGI GURU MADRASAH DINIYAH DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA di MADRASAH DINIYAH HIDAYATUL MUTHOLIBIN TANGGUNG BLITAR

FATHUL MU’IN, 3211113070 (2017) STRATEGI GURU MADRASAH DINIYAH DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA di MADRASAH DINIYAH HIDAYATUL MUTHOLIBIN TANGGUNG BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (181kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul, “Strategi Guru Madrasah Diniyah dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di Madrasah Diniyah Hidayatul Mutholibin Tanggung Blitar, ini ditulis oleh Fathul Mu’in, NIM. 3211113070, pembimbing Fathul Mujib, M. Ag. Kata kunci : Strategi Guru Madrasah, Pembinaan Akhlakuk Karimah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Masalah pokok yang mengancam generasi kita yakni mulai kaburnya nilai-nilai di mata generasi muda. Berbagai macam kekacauan yang ada pada saat ini merupakan penyebab kegetiran yang dirasakan oleh manusia secara individu maupun masyarakat. Realita yang ada saat ini tergambar jelas di masyarakat kita bahwaa banyaknya kenakalan remaja yang diwujudkan dengan banyaknya anak usia remaja yang mabuk-mabukan, berkelahi, dan berpacaran bahkan lebih parah lagi sex bebas (hamil di luar nikah). Dari beberapa kejadian ini tergambar jelas mulai rusaknya moral akhlak di lingkungan sekitar kita. Dan apabila kehidupan moral agama yang buruk dalam masyarakat dibiarkan saja menjalar maka akan mempengaruhi generasi muda kita. Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam memperbaiki kehidupan sosial guna menjamin perkembangan dan kelangsungan hidup masyarakat. Dari sinilah Madrasah memiliki peranan dalam pembinaan akhlak Madrasah berfungsi untuk membantu menanamkan nilai pendidikan kepada anak-anak, sehingga nantinya akan menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat sesuai dengan tuntutan dan tata laku masyarakat Di dalam menjalankan pendidikan di madrasah tidak terlepas dari seorang pendidik atau guru. Jadi, dari beberapa indikasi tersebut guru-guru madrasah harus dapat memberikan solusi bagi berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat khususnya generasi muda. Sehubungan dengan ini pendidik meski membekali sejumlah pengetahuan yakni nilai ilahiyah dan nilai insaniyah. Adapun pokok bahasan yang menjadi fokus penulisan skripisi ini adalah (1) Bagaimana strategi Guru dalam pembinaan Akhlakul Karimah siswa kepada Allah di Madrasah Diniyah Hidayatul Mutholibin Tanggung Blitar? (2) Bagaimana strategi guru dalam pembinaan Akhlakul Karimah siswa terhadap sesama di madrasah Diniyah Hidayatul Mutholibin Tanggung Blitar? (3) Bagaimana strategi guru dalam pembinaan Akhlakul Karimah siswa terhadap alam/lingkungan di Madrasah Diniyah Hidayatul Mutholibin Tanggung Blitar? Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui strategi guru Madrasah Diniyah dalam pembinaan Akhlakul karimah siswa kepada Allah di Madrasah Diniyah Hidayatul Mutholibin Tanggung Blitar. (2) Untuk mengetahui strategi guru Madrasah Diniyah dalam pembinaan Akhlakul Karimah siswa terhadap sesama di Madrasah Diniyah Hidayatul Mutholibin Tanggung Blitar. (3) Untuk mengetahui strategi guru Madrasah Diniyah dalam pembinaan Akhlakul Karimah di Madrasah Diniyah Hidayatul Mutholibin Tanggung Blitar. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, observasi dilakukan secara langsung untuk mengamati sikap dan perilaku anak serta pelaksanaan proses pembentukan kepribadian anak yang dilakukan oleh pengasuh Madrasah Diniyah Hidayatul Mutholibin Tanggung Blitar. Wawancara digunakan untuk memperoleh informasi atau data berupa ucapan, pikiran, gagasan, perasaan, kesadaran, dan kesadaran sosial tentang upaya pembentukian kepribadian anak dapat terungkap secara cermat. Dokumentasi digunakan dalam penelitian ini untuk mencari data mengenai hala-hal yang berhubungan dengan gambaran umum Madrasah Diniyah Hidayatul Mutholibin Tanggung Blitar. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat diketahui bahwasanya. (1) Diantara strategi yang dilakukan guru Madrasah Diniyah dalam pembinaan akhlakul karimah siswa kepada Allah antara lain membiasakan membaca Al-Qur’an dan membiasakan shalat berjamaah. (2) Diantara strategi guru madrasah Diniyah dalam pembinaan akhlakul karimah siswa terhadap sesama adalah: penerapan akhlakul karimah siswa dalam kehidupan sehari-hari. (3) Strategi yang dilakukan guru madrasah dalam pembinaan akhlakul karimah siswa terhadap alam/lingkungan antara lain: a. Pengawasan guru terhadap siswa di lingkungan madrasah. b. Pengawasan orang tua wali terhadap siswa di lingkungan keluarga (rumah). c. Melakukan komunikasi yang baik antara orang tua wali dan guru madrasah dalam pembinaan akhlakul karimah siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 3211113070 FATHUL MU’IN
Date Deposited: 01 Aug 2017 08:09
Last Modified: 01 Aug 2017 08:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5622

Actions (login required)

View Item View Item