PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III MIN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG

NUR LAILA QOMARIA, 2817133134 (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III MIN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (918kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (406kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (173kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (307kB)

Abstract

ABSTRAK Skipsi dengan judul “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbeed Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Laila Qomaria, NIM. 2817133134, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Muhamad Zaini, MA. Kata Kunci : Cooperatif, Numbered Heads Together, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Matematika kelas III di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung, bahwa guru masih menggunakan metode konvensional dan tidak memaksimalkan media pembelajaran. Sehingga prestasi belajar peserta didik menjadi relatif rendah. Peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam proses pembelajaran dengan tujuan meningkatkan kerjasama, partisipasi, motivasi dan prestasi belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam skripsi adalah : 1) Bagaimana peningkatan kerjasama antar kelompok dalam belajar matematika melalui penerapan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) pada mata pelajaran matematika peserta didik kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana peningkatan motivasi antar kelompok dalam belajar matematika melalui penerapan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) pada mata pelajaran matematika peserta didik kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017? 3) Bagaimana peningkatan partisipasi peserta didik dalam belajar matematika melalui penerapan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) pada mata pelajaran matematika peserta didik kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017? 4) Bagaimana peningkatan prestasi belajar matematika melalui penerapan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) pada mata pelajaran matematika peserta didik kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini bertujuan :1) Untuk memaparkan peningkatan kerjasama antar kelompok dalam belajar matematika melalui penerapan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) pada mata pelajaran matematika peserta didik kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017 2) Untuk memaparkan peningkatan motivasi antar kelompok dalam belajar matematika melalui penerapan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) pada mata pelajaran matematika peserta didik kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017 3) Untuk memaparkan peningkatan partisipasi peserta didik dalam belajar matematika melalui penerapan model cooperative learning tipe numbered heads together xxii (NHT) pada mata pelajaran matematika peserta didik kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017 4)Untuk memaparkan peningkatan prestasi belajar matematika melalui penerapan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) pada mata pelajaran matematika peserta didik kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Dengan tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflection). Yang menjadi subjek penelitian ini adalah peserta dididk kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung pada materi operasi hitung campuran. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi : metode tes, observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan dan angket. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika ketuntasan belajar peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang ingin dicapai, dengan nilai minimal 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Adanya peningkatan kerjasama peserta didik dari siklus I yaitu 53,84% dengan kriteria kurang menjadi 86,64% pada siklus II dengan kriteria baik. 2) Hasil rata-rata dari angket juga menunjukkan peningkatan motivasi peserta didik yaitu 1,74 tergolong katagori positif dan menjadi 1,87 pada siklus II tergolong katagori sangat positif. 3) Hasil dari observasi partisipasi peserta didik juga menunjukkan peningkatan, pada sikuls I yaitu 55,77% dengan kriteria kurang menjadi 87,60% pada siklus II dengan kriteria baik. 4) Sedangkan prestasi belajar pada siklus I dengan rata-rata 60,76 (43,58%) menjadi 85,89 (87,18%) pada siklus II.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133134 NUR LAILA QOMARIA
Date Deposited: 31 Jul 2017 08:00
Last Modified: 31 Jul 2017 08:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5612

Actions (login required)

View Item View Item