IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 1 NGUNUT

ASTRI YANTIKA OKTAFINA, 2811133046 (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 1 NGUNUT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Ngunut” ini ditulis oleh Astri Yantika Oktafina, NIM. 2811133046, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dra. Hj. St. Noer Farida Laila, MA., NIP. 19720115 199903 2 002. Kata kunci: Implementasi Kurikulum 2013, Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan zaman yang kian hari semakin berkembang sehingga berimbas pada perubahan semua aspek kehidupan manusia. Tidak terkecuali perubahan pendidikan di Indonesia. Perubahan ini dirasa perlu agar pendidikan tetap mampu berjalan beriringan dengan keadaan dunia. Kurikulum menjadi kunci penting dalam pendidikan itu sendiri. Sehingga diperlukan perubahan suatu kurikulum yang sesuai dengan karakteristik zaman. Maka muncullah kurikulum baru yang disebut Kurikulum 2013. Dengan adanya kurikulum baru, bukanlah menjadi hal yang mudah terutama dalam implementasi kurikulum 2013 di suatu pembelajaran. Tidak terkecuali pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Implementasi kurikulum 2013 ini akan menjadi tantangan baru, khususnya pada pembelajaran yang terjadi di SMAN 1 Ngunut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk, 1) Untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti tahap perencanaan di SMAN 1 Ngunut, 2) Untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti tahap pelaksanaan di SMAN 1 Ngunut, dan 3) Untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti tahap penilaian di SMAN 1 Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan peneliti sebagai instrumen utamanya. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Ngunut yang terlaksana mulai tanggal 04 April 2017 sampai dengan 06 Mei 2017. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari person, place, dan paper. Dan metode pengumpulan data adalah dengan cara wawancara mendalam, observasi partisipatif yang bersifat pasif, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman. Kemudian untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, serta triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi tehnik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tahap perencanaan dilakukan oleh semua guru SMAN 1 Ngunut dengan cara mengembangkan perangkat pembelajaran di awal tahun pelajaran. Perangkat pembelajaran seperti silabus, prota, promes, dan RPE dikembangkan secara bersama-sama oleh semua guru, sedangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dikembangkan secara individu dengan berpedoman kepada silabus, 2) Pada tahap pelaksanaan sudah melakukan tiga kegiatan seperti yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan pembelajarannya sudah menggunakan pendekatan scientific. Hanya saja, penerapannya belum sempurna karena tidak semua materi menggunakan pendekatan tersebut, dan metode ceramah masih sering menghiasi kegiatan inti pembelajaran, 3) Tahap penilaian merupakan tahap yang dirasa paling sulit oleh para guru di implementasi kurikulum 2013. Namun, sudah terlihat bahwa penilaian keseluruhan sudah dilakukan pada kegiatan pembelajaran, dimulai dari penilaian aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133046 Astri Yantika Oktafina
Date Deposited: 31 Aug 2017 03:57
Last Modified: 31 Aug 2017 03:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5610

Actions (login required)

View Item View Item