PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS 1 MI PLUS WALISONGO TRENGGALEK

NURIL ATIKA SURI, 2817133137 (2017) PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS 1 MI PLUS WALISONGO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Nuril Atika Suri, NIM 2817133137, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “ Penerapan Metode Snowball Throwing dengan Media Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas 1 MI Plus Waalisongo Trenggalek Tahun Ajaran 2016/2017”, yang dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Snowball Throwing, Media Visual, Prestasi Belajar, Bahasa Inggris. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena dalam penerapaan metode Snowball Throwing dengan media visual di MI Plus Walisongo Trenggalek. Hal ini merupakan sesuatu yang menarik, karena disini peserta didik dituntut harus lebih aktif dalam pembelajaran. Pada kenyataan selama ini metode Snowball Throwing dengan media visual lebih sering digunakan pada mata pelajaran Agama seperti: Qur’an Hadis, Fiqih dan lain-lain. penerapan metode Snowball Throwing dengan media visual pada mata pelajaran Bahasa Inggris baru diterapkan pada guru MI Plus Walisongo Trenggalek. Peserta didik sangat antusias dan merupakan trik guru agar menghindari kejenuhan peserta didik ketika proses pembelajaran. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan dalam penerapan metode Snowball Throwing dengan Media Visual pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi food and drink peserta didik kelas I MI Plus Walisongo Trenggalek tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana proses penerapan metode Snowball Throwing dengan Media Visual pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi food and drink peserta didik kelas I MI Plus Walisongo Trenggalek tahun ajaran 2016/2017/? (3) Bagaimana peningkatan prestasi belajar menggunakan metode Snowball Throwing dengan Media Visual pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi food and drink peserta didik kelas I MI Plus Walisongo Trenggalek tahun ajaran 2016/2017? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam skripsi adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan penerapan metode Snowball Throwing dengan Media Visual pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi food and drink peserta didik kelas I MI Plus Walisongo Trenggalek tahun ajaran 2016/2017, (2) Untuk mendeskripsikan proses penerapan metode Snowball Throwing dengan Media Visual pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi food and drink peserta didik kelas I MI Plus Walisongo Trenggalek Tahun Ajaran 2016/2017, (3) Untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar menggunakan penerapan metode Snowball Throwing dengan Media Visual pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi food and drink peserta didik kelas I MI Plus Walisongo Trenggalek Tahun Ajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan peneliti, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi dan review informant. Selanjutnya teknis analisis data yang disampaikan oleh Milles dan Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi temuan hasil penelitian ini yaitu (1) perencanaan dalam penerapan metode Snowball Throwing pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas 1 di MI Plus Walisongo Trenggalek tahun ajaran 2016/2017, yaitu dengan mempersiapkan Silabus, Program Tahunan, Program Semester, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, persiapan materi, metode dan media dalam proses pembelajaran. (2) proses dalam metode Snowball Throwing dengan media visual pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas 1 di MI Plus Walisongo Trenggalek, yaitu terdapat pada kegiatan pembelajaran yang selalu dimulai dengan kegiatan awal meliputi: mengucap salam, membaca do’a, membaca surat pendek, mengecek kehadiran peserta didik dan pretest. Kegiatan inti meliputi; materi, menentukan metode dan menggunakan media dalam pembelajaran. Dan kegiatan penutup meliputi: mengajak untuk menyimpulkan, memberi posttest kepada peserta didik, memberikan tugas, menjelaskan sekilas materi selanjutnya, salam dan berjabat tangan. (3) Peningkatan prestasi belajar dari penerapan metode Snowball Throwing dengan Media Visual pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi food and drink peserta didik kelas I MI Plus Walisongo Trenggalek Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa pembelajaran metode snowball trowing dengan media visual memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada materi food and drink. Telah diketahui sebelumnya bahwa nilai Kriteria Ketuntasan Minimum pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas 1a adalah 70. pada saat Pre Test hanya ada 12 peserta didik yang tuntas belajar, dan yang 22 peserta didik tidak tuntas belajar, dapat disimpulkan bahwa masih jauh dari hasil yang diharapkan. Sehingga guru mata pelajaran Bahasa Inggris menerapkan metode Snowball Throwing, setelah selesai menerapkanya beliau melanjutkan dengan memberikan post test pada peserta didik hasil belajar peserta didik yang tuntas mengerjakan soal pre test ada 32 peserta didik yang tidak tuntas 2 peserta didik, untuk kelas 1b saat dilakukan pre test ada 9 peserta didik tuntas 21 tidak tuntas, setelah diterapkan metode Snowball Throwing dengan media visual kelas 1b hasil belajarnya juga meningkat, 29 peserta didik tuntas 1 peserta didik tidak tuntas, jadi dapat disimpulkan bahwa prestasi dan nilai peserta didik yang mengalami peningkatan. Maka dari itu benurut beliau metode Snowball Throwing ini sangat efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133137 NURIL ATIKA SURI
Date Deposited: 31 Jul 2017 07:46
Last Modified: 31 Jul 2017 07:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5609

Actions (login required)

View Item View Item