PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI PERBANDINGAN DI MTs N BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

FARIDLOTUL KHUSNA, 2814133064 (2017) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI PERBANDINGAN DI MTs N BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (635kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Saintifik Dengan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Perbandingan Di MTs N Bandung Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Faridlotul Khusna dan dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Discovery Learning, Saintifik, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada siswa mengenai model pembelajaran yang masih konvensional yang menjadikan siswa kurang aktif dan hasil belajar siswa rendah. Dalam hal ini peneliti ingin meneliti masalah model pembelajaran dan hasil belajar pada materi perbandingan di MTs N Bandung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh pendekatan saintifik dengan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi perbandingan di MTs N Bandung tahun ajaran 2016/2017?, 2) Seberapa besar pengaruh pendekatan saintifik dengan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi perbandingan di MTs N Bandung tahun ajaran 2016/2017?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui adanya pengaruh dan seberapa besar pengaruh pendekatan saintifik dengan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi perbandingan di MTs N Bandung tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs N Bandung. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII – G dan kelas VII – I, dimana kelas VII – G sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 siswa dan kelas VII – I sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan model quasi eksperimental design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah hasil tes dan dokumentasi. Data hasil siswa diperoleh melalui tes yang digunakan untuk menguji hipotesis. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data didapatkan: 1) Nilai rata–rata tes kelas eksperimen 76,63 dan kelas kontrol 67. Hal tersebut menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil uji ttest (independent samples T Test) nilai hasil tes diperoleh nilai thitung (2,2781) > ttabel (5% = 1,9916), sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa, 2) besar pengaruh pendekatan saintifik dengan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs N Bandung adalah sebesar 62% termasuk rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133064 FARIDLOTUL KHUSNA
Date Deposited: 31 Jul 2017 04:12
Last Modified: 31 Jul 2017 04:12
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/5605

Actions (login required)

View Item View Item