PENERAPAN METODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V DI MI DARUSSALAM PIKATAN WONODADI BLITAR

MOH. ALWANUL MUHTADIN, 2817133110 (2017) PENERAPAN METODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V DI MI DARUSSALAM PIKATAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (250kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (844kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Penerapan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Refleck, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V Di MI Darussalam Pikatan Wonodadi Blitar. Ditulis oleh Moh. Alwanul Muhtadin NIM. 2817133110. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Dibimbing oleh Dr.Mohamad Jazeri, M.Pd. Kata Kunci: Peningkatan Motivasi, dan Peningkatan Keterampilan Membaca. Dari hasil pengamatan awal di MI Darussalam Pikatan Wonodadi Blitar Ada beberapa kendala pada peserta didik ketika dalam proses pembelajaran yaitu siswa kurang fokus terhadap penyampaian materi dan malas untuk membaca. Kondisi ini mengkibatkan kesulitan pada saya untuk menyampaikan materi dan yang terpenting itu adalah membaca, sehingga hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia menjadi di bawah KKM yang ditentukan, yaitu 75. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan suatu metode yang sesuai dengan keterampilan membaca, peneliti menggunakan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Refleck, Recite, Review). Penggunaan metode ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan Wonodadi Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peningakatan motivasi membaca siswa melalui penerapan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Refleck, Recite, Review) untuk meningkatkan keterampilan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas V Di MI Darussalam Pikatan Wonodadi Blitar tahun ajaran 2016-2017? 2) Bagaimana peningkatan keterampilan membaca siswa melalui penerapan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Refleck, Recite, Review) untuk meningkatkan keterampilan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas V Di MI Darussalam Pikatan Wonodadi Blitar tahun ajaran 2016-2017? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peningakatan motivasi membaca siswa melalui penerapan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Refleck, Recite, Review) untuk meningkatkan keterampilan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas V Di MI Darussalam Pikatan Wonodadi Blitar tahun ajaran 2016-2017. 2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca siswa melalui penerapan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Refleck, Recite, Review) untuk meningkatkan keterampilan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas V Di MI Darussalam Pikatan Wonodadi Blitar tahun ajaran 2016-2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan kemampuan merangkai huruf dan membaca permulaan peserta didik. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanan (planing), (2) tahap pelaksanaan (acting), (3) tahap observasi (observing), dan (4) tahap trefleksi (reflecting). Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar dan kemampuan membaca. Wawancara, observasi dan catatan lapangan digunakan untuk menggali proses pembelajaran bahasa Indonesia, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan peneliti. Indikator keberhasilan penelitian adalah ketuntasan belajar minimum 75% dari jumlah seluruh peserta didik mendapatkan nilai minimal 75 sesuai kriteria ketuntasan minimal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Refleck, Recite, Review) dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan membaca peserta didik kelas V. Hal ini dapat dilihat dari tes awal memperoleh hasil presentase ketuntasan 30%, dilanjut Siklus 1 dengan uji Post Test 1 memperoleh presentase ketuntasan hasil belajar 45% dan uji motivasi memproleh nilai rata-rata 1,72 dapat dikatakan positif. Kemudian pada siklus 2 dilakukan uji Post Test 2 memperoleh presentase ketuntasan hasil belajar 100% dan uji motivasi memperoleh nilai angka 1,92 dapat dikatakan sangat positif. Dengan demikian, penerapan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Refleck, Recite, Review) dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan membaca peserta didik kelas V di MI Darussalam Pikatan Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd 2817133110 Moh. Alwanul Muhtadin
Date Deposited: 31 Jul 2017 08:12
Last Modified: 27 Apr 2021 06:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5600

Actions (login required)

View Item View Item