PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS III MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

DWI RAHAYU CAHYANING TIAS, 2817133038 (2017) PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS III MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (98kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Penerapan Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung ini ditulis oleh Dwi Rahayu Cahyaningtias, NIM. 2817133038, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M.Pd. I Kata Kunci: Metode Index Card Match, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peseta didik kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung dalam mata pelajaran IPA. Hal ini dikarenakan kurangnya hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain itu, rendahnya hasil belajar peserta didik juga disebabkan karena dalam menyampaikan materi pembelajaran, guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional, seperti ceramah dan pemberian tugas. Sehingga peserta didik kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, maka upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung adalah dengan menerapkan metode index card match pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat benda. Karena metode index card match merupakan model pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk aktif dan saling membantu dalam menguasai pelajaran untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan keaktifan belajar melalui metode Index Card Match pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat benda peserta didik kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar melalui metode Index Card Match pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat benda peserta didik kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar melalui metode Index Card Match pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat benda peserta didik kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain observasi, tes, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Tes yang digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar IPA peserta didik kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran IPA, respon peserta didik, keadaan guru dan peserta didik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa metode Index Card Match melalui langkah – langkah kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Peningkatan hasil belajar dapat dibuktikan dengan nilai peserta didik yang semakin membaik. Nilai rata-rata peserta didik pada tes formatif siklus I yaitu 69,43 dengan persentase ketuntasan belajar 42,86%. Kemudian nilai rata-rata peserta didik pada siklus II meningkat menjadi 95,89 dengan persentase ketuntasan belajar 94,28%. Data tersebut membuktikan, bahwa penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung Tahun ajaran 2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133038 DWI RAHAYU CAHYANING TIAS
Date Deposited: 31 Jul 2017 04:15
Last Modified: 31 Jul 2017 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5589

Actions (login required)

View Item View Item