PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIMICRY-MEMORIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS III MI SENDEN KAMPAK TRENGGALEK

AYU TRI AGUSTINA, 2817133014 (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIMICRY-MEMORIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS III MI SENDEN KAMPAK TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSRTAK.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (734kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (151kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Penerepan Metode Pembelajaran MimicryMemorization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III MI Senden Kampak Trenggalek”. Ditulis oleh Ayu Tri Agustina NIM: 2817133014, dibimbing oleh Luluk Atirotuzahroh, S.Ag, M.Pd. Kata kunci: Metode Pembelajaran Mimicry-Memorization, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah peserta didik lemah dalam penguasaan serta pemahaman terhadap materi yang diajarkan guru. Peserta didik menganggap bahwa bahasa Arab sangat membosankan dan menakutkan karena untuk dapat menguasai materi, mereka harus paham dan mengerti makna dari setiap kata maupun kalimat yang ada. Disebabkan juga kebanyakan guru lebih suka menggunkan model ceramah ketika mengajar, sehingga dapat mengakibatkan hasil belajar peserta didik menurun. Dalam materi di Kebun peneliti menggunakan metode pembelajaran mimicry-memorization yang diharapkan dapat menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan keaktifan belajar Bahasa Arab materi di Kebun melalui penerapan metode pembelajaran Mimicry-Memorization peserta didik kelas III MI Senden Kampak Trenggalek (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Bahasa Arab materi di Kebun pada peserta didik kelas III MI Senden Kampak Trenggalek melalui penerapan metode pembelajaran Mimicry-Memorization. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan keaktifan belajar bahasa Arab materi di Kebun melalui penerapan metode pembelajaran Mimicry-Memorization peserta didik kelas III MI Senden Kampak Trenggalek, (2) Untuk meningkatan hasil belajar bahasa Arab materi di Kebun pada peserta didik kelas III MI Senden Kampak Trenggalek melalui penerapan metode pembelajaran Mimicry-Memorization. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Class Action Research) sebanyak dua sikus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (Planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observasi), dan refleksi (reflection), sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III pada mata pelajaran bahasa Arab materi tentang di Kebun. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas III MI Senden Kampak Trenggalek. Sedangkan observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran bahasa Arab, respon peserta didik, keadaan peserta didik, keadaan peserta didik dan guru. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam peneitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang harusnya dicapai, dengan nilai KKM 65. xix Metode pembelajaran mimicry-memorization terbukti mampu membantu peserta didik dalam meningkatkan keaktifan peserta didik melalui langkahlangkah sebagai berikuti: 1) Peneliti membacakan atau mengucapkan kosa kata yang akan diajarkan dan struktur kalimat satu per satu yang telah dipilih, 2) Peserta didik menirukan kosa kata yang diucapan peneliti, 3) Kegiatan tersebut dilakukan secara berulang-ulang hingga peserta didik hafal, 4) Untuk mengecek pemahaman dan penguasaan kosa kata peserta didik, peneliti meakukan evaluasi dengan cara memberikan soal latihan pada peserta didik. Hasil penelitian yang digunakan dengan penerapan metode mimicrymemorization, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik mulai dari pre test, post test sikus I, sampai post test sikus II. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata niai peserta didik 48,5 (pre test), meningkat menjadi 67,5 (post test siklus I), dan meningkat lagi menjadi 93,75 (post test siklus II). Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan metode mimicry-memorization meningkatkan hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas III MI Senden Kampak Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133014 AYU TRI AGUSTINA
Date Deposited: 28 Jul 2017 07:30
Last Modified: 28 Jul 2017 07:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5588

Actions (login required)

View Item View Item