STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI TRENGGALEK

ELIA NURHIDAYAH, 2811133078 (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (236kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (139kB)

Abstract

ABSTRAK Elia Nurhidayah, NIM. 2811133078, 2017, Strategi Pembelajaran Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Prestasi siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Trenggalek, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dosen Pembimbing Anissatul Mufarokah, S.Ag. M.Pd. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Guru, Prestasi Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi bahwa guru adalah sosok yang menjadi panutan siswa dan guru memiliki tugas untuk melaksanakan proses belajar mengajar. Strategi pembelajaran harus dimiliki seorang guru karena dengan adanya strategi yang tepat akan membuat pembelajaran semakin diminati peserta didik, tanpa adanya strategi yang jelas, proses pembelajaran tidak akan terarah sehingga tujuan pembelajaran yang telah diterapkan tidak dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Diharapkan dengan strategi yang tepat prestasi belajar siswa dapat meningkat. Namun, dalam pemilihan strategi pembelajaran guru antara sekolah satu dengan sekolah yang lain akan berbeda. Untuk itu peneliti akan membahas tentang strategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN Trenggalek baik dari strategi pembelajaran guru, faktor yang menghambat dan solusi dari hambatan strategi pembelajaran guru. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana strategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam menigkatkan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Trenggalek? (2) Faktor yang menghambat strategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Trenggalek? (3) Bagaimana solusi dalam mengatasi hambatan strategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah aliyah Negeri (MAN) Trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui strategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam menigkatkan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Trenggalek. (2) Untuk mengetahui faktor yang menghambat strategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Trenggalek. (3) Untuk mengetahui solusi dalam mengatasi hambatan strategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah aliyah Negeri (MAN) Trenggalek. Berdasarkan fokus dan tujuan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis metode studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Sumber data dibedakan menjadi dua yaitu: sumber manusia dan non manusia. Teknik analisa data menggunakan model interaktif dari Miles and Huberman berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Tekhnik pemeriksaan keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan/keajegan pengamatan, dan triangulasi. Adapun hasil temuan penelitian sebagai berikut: (1) Strategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri Trenggalek adalah pemilihan metode pembelajaran yang meliputi metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode pemberian tugas, dengan menggunakan teknik Snow Ball. Pemilihan media pembelajaran yang meliputi media power point audiovisual, dan power point visual. Pemilihan dan pengembangan materi yang meliputi materi dari sumber lain, dalil, gambar/objek yang sesuai materi. (2) Faktor yang menghambat strategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri Trenggalek, dibedakan menjadi 2 yaitu internal maupun eksternal. Faktor Internal adalah kurangnya kesadaran siswa tentang pentingnya mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, Kurang motivasi, materi yang terbatas, ketersediaan waktu yang terbatas, sedangkan faktor Eksternal adalah lingkungan keluarga, lingkungan sekolah. (3) Solusi dalam mengatasi hambatan stategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri Trenggalek, hambatan internal adalah adanya ekstrakurikuler keagamaan (SKI), pertanyaan umpan balik dari guru. Sedangkan untuk hambtan Eksternal adalah adanya hubungan yang baik antara pihak sekolah dengan pihak keluarga dan saran-prasarana yang kurang, bisa diminimalisir dengan kreatifitas guru saat pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133078 ELIA NURHIDAYAH
Date Deposited: 31 Jul 2017 01:26
Last Modified: 31 Jul 2017 01:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5585

Actions (login required)

View Item View Item