PENERAPAN METODE INDEKS CARD MATCH DAN READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS III MI ISLAMIYAH PINGGIRSARI NGANTRU TULUNGAGUNG

NISWATUN HAMIDAH, 2817133127 (2017) PENERAPAN METODE INDEKS CARD MATCH DAN READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS III MI ISLAMIYAH PINGGIRSARI NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Niswatun Hamidah, 2017, NIM 2817133127 dengan judul “Penerapan Metode Reading Aloud dan Indeks Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas III MI Islamiyah PInggirsari Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017” skripsi jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Syamsun Ni’am M.Ag. Kata Kunci : Reading Aloud Indeks Card match Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada pada dalam pengajaran Al-Qur’an Hadits di MI Islamiyah Ngantru Tulungagung. Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan, ada beberapa masalah yang terjadi pada pembelajaran di kelas III. Diantaranya adalah dalam proses kegiatan pembelajaran, guru lebih dominan menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurangnya partispasi dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu peneliti berusaha mengatasi permasalahan melalui penerapan Metode Indeks Card Match dan Reading Aloud dalam proses pembelajaran diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana partisipasi peserta didik pokok bahasan Bacaan Mad melalui penerapan metode Indeks Card Match dan Reading Aloud pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada peserta didik kelas III di MI Islamiyah Ngantu Tulungagung? 2) Bagaimana Hasil Belajar Peserta didik pokok bahasan Bacaan Mad melalui penerapan metode Indeks Card Match dan Reading Aloud pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada peserta didik kelas III MI Islamiyah Nganru Tulungagung ? Jenis peneitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (Class Action Research) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan partisipasi peserta didik. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: 1) tahap perencanaan (planing), 2) tahap pelaksanaan tindakan (act), 3) tahap observasi (observe), dan 4) tahap refleksi (reflection). Sasaran penlitian ini adalah peserta didil kelas III MI Islamiyah Ngantru Tulungagung. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas III MI Islamiyah Ngantru Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran AlQur’an Hadits, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan peneliti. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 75%. Hasil penelitian menunjukkan telah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Hal ini dapat dilihat dari hasil xv evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata peserta didik 47,9 dengan prosentase kentuntasan 26% dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik mencapai 56,6 dengan prosentase ketuntasan 48% dan pada waktu siklu II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 6,8 dengan prosentase ketuntasan 87%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133127 NISWATUN HAMIDAH
Date Deposited: 28 Jul 2017 07:01
Last Modified: 28 Jul 2017 07:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5582

Actions (login required)

View Item View Item