Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Pemecahan Masalah Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Pakel Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014.

Nafi’, Ulil Ismaun (2014) Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Pemecahan Masalah Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Pakel Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
INTI SKRIPSI.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENUTUP SKRIPSI.pdf

Download (21kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

. 2014. Kata Kunci : Pendekatan Keterampilan Proses, Pemecahan Masalah, Hasil Belajar Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika merupakan indikasi bahwa selama ini proses pembelajaran belum optimal. Selain hasil belajar yang rendah, kurangnya keterampilan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa pada materi bangun datar segi empat kelas VII SMPN 2 Pakel Tulungagung secara umum belum dikatakan tuntas. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas VII pada materi bangun datar segi empat yaitu masih dibawah KKM yaitu 70. Begitu pula dengan keterampilan siswa hanya beberapa orang saja yang terampil dalam proses pembelajaran. Hal ini sebabkan karena guru hanya menggunakan metode konvensional, yaitu guru menyampaikan materi, memberikan rumus dan soal-soal saja, sehingga siswa kurang aktif dan tidak dapat melatih keterampilan-keterampilan yang dimilikinya serta mengkomunikasikan hasil perolehannya, yang menyebabkan siswa menjadi tidak aktif. Untuk itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif pemecahannya adalah memilih pendekatan yang tepat, yaitu dengan menerapkan Pendekatan Keterampilan Proses Pemecahan Masalah Matematika. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “1. Apakah ada pengaruh yang signifikan pendekatan keterampilan proses pemecahan masalah matematika terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Pakel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa selama diterapkan pendekatan keterampilan proses pemecahan masalah matematika materi bangun datar segi empat di SMPN 2 Pakel Tulungagung. Penelitian eksperimen pendekatan kuantitatif dimana subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN Pakel dengan jumlah 45 siswa, dimana kelas VII E 23 siswa(kelas eksperimen) dan kelas VII F 22 siswa(kelas kontrol). Teknik instrumen data yang digunakan adalah teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Tes bertujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar siswa setelah diterapkan pendekatan keterampilan proses pemecahan masalah pada pembelajaran matematika. Tes yang diberikan dalam penelitian ini adalah tes essay berbentuk uraian sebanyak 4 soal. Observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa selama diterapkan pendekatan keterampilan proses pemecahan masalah pada pembelajaran matematika. Wawancara digunakan untuk mengetahui perkembangan siswa setelah penerapan pendekatan keterampilan proses pemecahan masalah dengan sumber guru dan siswa. Dokumentasi digunakan untuk mengambil gambar ketika penerapan pendekatan keterampilan proses pemecahan masalah berlangsung. Dari hasil analisis data didapat besarnya pengaruh penerapan pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran matematika adalah 12,047. Dan nilai hasil belajar yang diperoleh siswa setelah diterapkan pendekatan keterampilan proses pada materi bangundatar segiempat digolongkan baik, dengan nilai rata-rata 84,78.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 17 Dec 2014 03:29
Last Modified: 17 Dec 2014 03:29
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/558

Actions (login required)

View Item View Item