PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS IIIA MI SENDEN KAMPAK TRENGGALEK

ATIK KHASANAH, 2817133013 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS IIIA MI SENDEN KAMPAK TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (481kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (74kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik Kelas III MI Senden Kampak Trenggalek Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Atik Khasanah, NIM. 2917133013, pembimbing Dr. Anin Nurhayati, M.Pd.I. Kata Kunci, Kooperatif, Talking Stick, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Al-qur’an Hadits yang hasil belajar peserta didiknya relative masih rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam proses belajar mengajar diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui peningkatan kerjasama dan keaktifan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana peningkatan keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-qur’an hadits materi Hadits tentang Shalat Berjamaah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada kelas IIIA MI Senden Kampak Trenggalek?, (2) Bagaimana peningkatan kerjasama peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-qur’an hadits materi Hadits tentang Shalat Berjamaah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada kelas IIIA MI Senden Kampak Trenggalek? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-qur’an hadits materi Hadits tentang Shalat Berjamaah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada kelas IIIA MI Senden Kampak Trenggalek? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk memaparkan peningkatan keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-qur’an hadits materi Hadits tentang Shalat Berjamaah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada kelas IIIA MI Senden Kampak Trenggalek. (2) Untuk memaparkan peningkatan kerjasama peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-qur’an hadits materi Hadits tentang Shalat Berjamaah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada kelas IIIA MI Senden Kampak Trenggalek. (3) Untuk memaparkan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-qur’an hadits materi Hadits tentang Shalat Berjamaah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada kelas IIIA MI Senden Kampak Trenggalek. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IIIA MI Senden Kampak Trenggalek. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 78. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan keaktifan, kerjasama, dan hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas IIIA MI Senden Kampak Trenggalaek, hal ini dapat diketahui dari tahap siklus I, dan siklus II. 1) Peningkatan keaktifan dapat diketahui dari keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran al-qur’an hadits dikelas. hal ini bisa dilihat dari temuan penelitian yaitu peserta didik menjadi lebih aktif ketika pembelajaran berlangsung. Selain itu dapat dilihat dari hasil observasi terhadap peserta didik yang dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yang memuaskan, yaitu pada siklus I pertemuan pertama nilai aktivitas peserta didik 68,42, pada pertemuan kedua menjadi 88,46, dan selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan berarti menjadi 96,15. 2) Selanjutnya peningkatan kerjasama dapat diketahui dari sikap gotong royong, menghargai pendapat teman, serta kerjasama yang mengalami peningkatan. Selain itu dapat dilihat dari hasil observasi terhadap peserta didik yang dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yang memuaskan, yaitu pada siklus I pertemuan pertama nilai aktivitas peserta didik 68,42, pada pertemuan kedua menjadi 88,46, dan selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan berarti menjadi 96,15. 3) Yang terakhir peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat pada tahap pre test diketahui bahwa keberhasilan pembelajaran dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits masih dibawah nilai KKM yang ditentukan yaitu 78. Peserta didik yang mendapat nilai dibawah KKM kurang dari 75%, dengan nilai rata-rata kelas 67,36, dengan presentase 42,08% yang dinyatakan tuntas belajar, dan 57,92% yang tidak tuntas belajar. selanjutnya, pada tahap siklus I, dapat diketahui bahwa nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 73,36, dengan presentase 63,12% peserta didik tuntas belajar, dan 36,82% yang tidak tuntas belajar. dilanjutkan pada tahap siklus II nilai rata-rata kelas sudah meningkat dan sudah mencapai target ketuntasan belajar yang diharapkan, yaitu diatas nilai KKM dengan nilai rata-rata 86,21, dengan presentase 89,47% peserta didik tuntas belajar, dan 10,52% tidak tuntas belajar. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas IIIA MI MI Senden Kampak Trenggalek tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133013 ATIK KHASANAH
Date Deposited: 27 Jul 2017 07:20
Last Modified: 27 Jul 2017 07:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5557

Actions (login required)

View Item View Item