PERAN GURU DALAM MENDIDIK PERILAKU IBADAH ANAK USIA DINI DI RA AL-HIDAYAH GOMBANG PAKEL TULUNGAGUNG

FAIZ NADHIFATU ULFIYAH, 2811133091 (2017) PERAN GURU DALAM MENDIDIK PERILAKU IBADAH ANAK USIA DINI DI RA AL-HIDAYAH GOMBANG PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (627kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (635kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (190kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Mendidik Perilaku Ibadah Anak Usia Dini di RA Al-Hidayah Gombang Pakel Tulungagung’’ ini ditulis oleh Faiz Nadhifatu Ulfiyah, NIM 2811133091, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang pembimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, MA. Kata Kunci: Guru, Perilaku Ibadah, Anak Usia Dini Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mendidik perilaku keagamaan yang baik bagi anak sejak usia dini sebagai generasi penerus karena pada masa inilah sangat baik untuk menanamkan perilaku yang baik bagi anak supaya kelak anak bisa terbiasa untuk melakukan perilaku-perilaku yang baik dan merupakan masa yang paling tepat untuk membentuk fondasi dan dasar kepribadian yang akan menentukan pengalaman selanjutnya, dan menjadi suatu keingin tahuan peneliti terkait peran guru dalam mendidik perilaku ibadah anak usia dini di RA Al-Hidayah Gombang. Fokus penelitian dalam masalah skripsi ini adalah:(1) Bagaimana peran guru dalam mendidik perilaku ibadah berwudhu pada anak usia dini di RA Al-Hidayah Gombang Pakel Tulungagung?(2) Bagaimana peran guru dalam mendidik perilaku ibadah sholat pada anak usia dini di RA Al-Hidayah Gombang Pakel Tulungagung?(3) Bagaimana peran guru dalam mendidik perilaku ibadah menghafal doa pada anak usia dini di RA Al-Hidayah Gombang Pakel Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah:(1) Untuk mengetahui peran guru dalam mendidik perilaku ibadah berwudhu pada anak usia dini di RA Al-Hidayah Gombang Pakel Tulungagung (2) Untuk mengetahui peran guru dalam mendidik perilaku ibadah sholat pada anak usia dini di RA Al-Hidayah Gombang Pakel Tulungagung (3) Untuk mengetahui peran guru dalam mendidik perilaku ibadah menghafal doa pada anak usia dini di RA Al-Hidayah Gombang Pakel Tulungagung.Skripsi ini bermanfaat bagi sekolah dan masyarakat pada umumnya. Bagi para pembaca hasil penelitian ini dapat menambah wacana keilmuan terkait peran guru dalam mendidik perilaku ibadah anak usia dini di RA. Berdasarkan data lapanganjenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif yang langsung bersamaan dengan proses pengumpulan data yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber dan teknik, serta mengadakan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mendidik perilaku ibadah anak usia dini yakni: (1) Guru berperan sebagai pembimbing, guru memberi bimbingan kepada anak dengan sabar dan telaten. Selain iru guru berperan menjadi demonstrator, guru menjadi contoh dan memperagakan materi yang disampaikannya. Jadi dalam mendidik ibadah berwudhu pada anak guru harus menggunakan metode yang tepat yaitu demonstrasi dengan memberi contoh kepada anak dan dilakukan secara terus menerus. Dan guru harus bisa menjadi motivator bagi peserta didiknya dengan memberi nasehat agar anak selalu semangat dalam mengikuti kegiatan berwudhu. (2) Untuk mendidik anak ibadah sholat guru berperan sebagai pengajar, guru mengajarkan dan memperkenalkan terlebih dahulu kepada anak apa itu sholat dan pentingnya berwudhu. Untuk mengajarkan anak bacaan sholat guru berperan sebgai pelatih dengan melatih anak mengucapkan dan mengajarkan doa dengan menggunakan metode drill atau latian yang dilakukan secara berulang-ulang supaya anak cepat hafal dan tertanam dalam diri anak. Dan guru berperan sebagai demonstrator dan teladan, guru menjadi teladan dan contoh bagi anak untuk melaksanakan sholat dengan baik dan benar. Setiap hari guru membimbing anak untuk melaksanakan sholat dan guru memberi teladan kepada anak seperti, sholat berjamaah dan sholat tepat waktu. Selain itu guru harus bisa mengenali mood anak dalam pembelajaran.(3) Dan untuk mendidik anak menghafal doa guru berperan sebagai pelatih, dengan melatih anak secara terus menerus untuk melafalkan doa dan membimbing anak. Guru menggunakan metode drill atau latihan yang dilakukan setiap hari. Latihan yang dilakukan secara terus menerus makaakan menimbulkan kebiasaan pada diri anak.Guru dalam pelaksanaannya melatih anak untuk mengucapkan doa ketika akan melakukan kegiatan seperti berdoa sebelum belajar, doa kedua orang tua, berdoa sebelum dan sesudah makan dan berdoa sebelum pulang sekolah atau sesudah melaksanakan kegiatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133091 FAIZ NADHIFATU ULFIYAH
Date Deposited: 27 Jul 2017 03:48
Last Modified: 27 Jul 2017 03:48
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/5552

Actions (login required)

View Item View Item