IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SISWA DI SMK ISLAM 1 DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK

ANISA RATNASARI, 2811133036 (2017) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SISWA DI SMK ISLAM 1 DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (519kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (98kB)

Abstract

ABSTRAK Anisa Ratnasari, NIM. 2811133036, 2017, Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa di SMK Islam 1 Durenan Kabupaten Trenggalek, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dosen Pembimbing Anissatul Mufarokah, S.Ag. M.Pd. Kata kunci : Implementasi Kebijakan, Kegiatan Ekstrakurikuler. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa disetiap sekolah dihadapkan pada suatu kondisi dimana sekolah harus mampu mengembangkan potensi peserta didik sesuai bakat dan kompetensinya. Hal ini sesuai dengan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas dan Permendikbud No.62 tahun 2014 tentang kegiatan ekstrakurikuler. Namun dalam implementasinya, kegiatan ekstrakurikuler antar sekolah satu dengan sekolah lain akan berbeda. Untuk itu peneliti akan membahas tentang implementasi kegiatan ekstrakurikuler di SMK Islam 1 Durenan baik dari sisi perencanaan, pelaksanaan, maupun faktor pendukung dan penghambatnya. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan kegiatan ekstrakurikuler siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? (2) Bagaimana implementasi/ pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? (3) Apa faktor pendukung dalam implementasi/ pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? (4) Apa faktor penghambat dalam implementasi/pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui perencanaan program kegiatan ekstrakurikuler siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek ? (2) Untuk mengetahui implementasi/pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dalam implementasi kegiatan ekstrakurikuler siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? (4) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam implementasi kegiatan ekstrakurikuler siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Berdasarkan fokus dan tujuan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis metode studi kasus, metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Sumber data dibedakan menjadi dua yaitu: data yang bersumber dari manusia dan data yang bersumber dari non manusia. Teknik analisa data xv menggunakan model interaktif dari Miles and Huberman berupa data collection, reduksi data, penyajian data dan conclusion drawing/verifikasi. Tekhnik pemeriksaan keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan/keajegan pengamatan dan triangulasi. Adapun hasil temuan penelitian sebagai berikut: 1) perencanaan kegiatan ekstrakurikuler di SMK Islam 1 Durenan meliputi : perumusan tujuan, penentuan jenis-jenis ekstrakurikuler yang ditawarkan, penentuan pembina/pelatih kegiatan ekstrakurikuler, penentuan kegiatan jadwal ekstrakurikuler, perencanaan perekrutan peserta didik, perencanaan keuangan, dan perencanaan pengadaan sarana prasarana. 2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di SMK Islam 1 Durenan terbagi menjadi dua yaitu ekstrakurikuler wajib melalui kegiatan pramuka dan ekstrakurikuler pilihan meliputi ICT, Fotografi/ Videografi, Sholawat/ Hadrah, English Convertation Club (ECC), Kithobah/pidato, Musabaqah Tilawatil Qur’an/ Qira’at, Pagar Nusa, Paduan Suara, Majalah Dinding, dan Marching Band. 3) Faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler di SMK Islam 1 Durenan terdiri dari koordinasi yang baik antar pelaku dalam organisasi, perhatian pihak sekolah, sumber daya manusia, sarana prasarana yang memadai dan dukungan dari orang tua. 4) Faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler SMK Islam 1 Durenan terdiri dari: fluktuasi kehadiran siswa, adanya ekstrakurikuler lain yang diikuti oleh siswa, tidak ada sustainability guru, dan cuaca yang tidak mendukung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133036 ANISA RATNASARI
Date Deposited: 28 Jul 2017 04:01
Last Modified: 28 Jul 2017 04:01
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/5543

Actions (login required)

View Item View Item