IMPLEMENTASI MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TERPADU AL-ANWAR DURENAN TRENGGALEK

TIARA CAHYA MEGAWATI, 2811133257 (2017) IMPLEMENTASI MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TERPADU AL-ANWAR DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (642kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (733kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (589kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Tiara Cahya Megawati, pembimbing Hj. Indah Khomsiyah, M.Pd. Kata Kunci: Multiple Intelligences, pembelajaran Pendidikan Agama Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah pernyataan dari Howard Gardner bahwa tidak ada anak yang bodoh, melainkan yang ada adalah anak yang menonjol dalam salah satu atau beberapa jenis kecerdasan. Oleh karena itu diperlukan sebuah lembaga pendidikan yang bisa menerapkan kecerdasan-kecerdasan bagi anak yang nantinya diharapkan dapat mengembangkan dan mengoptimalkan kecerdasan-kecerdasan mereka terutama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi kecerdasan linguistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek? (2) Bagaimana implementasi kecerdasan musikal siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek? (3) Bagaimana implementasi kecerdasan kinestetik siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek? (4) Bagaimana implementasi kecerdasan visual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Implementasi kecerdasan linguistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek, pelaksanaannya adalah dengan menitik tekankan kemahiran siswa dalam berbicara dan menulis, yang meliputi kegiatan menulis karya ilmiah, menghafal mufrodat, membaca yasin tahlil, mendengarkan lantunan asma’ul husna dan surat-surat pendek, mempresentasikan hasil kerja, dan menjelaskan materi. Namun, dalam penerapannya terdapat kendala antara lain keterbatasan media informasi saat siswa menjalankan pembuatan karya ilmiah dan kepercayaan diri siswa yang masih lemah. (2) Implementasi kecerdasan musikal dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek pelaksanaannya dengan menitik tekankan pada ketrampilan siswa membuat lagu sederhana, memainkan alat musik, menyanyikan lagu islami, menghafal materi dengan lagu, dan juga mendengarkan lantunan asma’ul husna dan surat-surat pendek. Namun terdapat kendala dalam penerapannya, antara lain belum ada bimbingan eksrakurikuler hadrah untuk siswa putri dan saat pembelajaran dapat mengganggu kelas lain yang juga sedang belajar jika kegiatan menyanyi sering diterapkan. (3) Implementasi kecerdasan kinestetik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek, pelaksanaannya dengan menitik tekankan pembiasaan gerak tubuh pada diri siswa yang meliputi Sholat dhuha sebelum bel masuk, sholat dhuhur berjamaah, senyum sapa salam serta berjabat tangan, membuang sampah pada tempatnya, mempraktikkan materi tertentu, dan bermain drama. Namun terdapat kendala saat penerapannya antara lain beberapa guru yang telat datang sehingga tidak mengikuti kegiatan sholat dhuha dan kendala waktu saat pelaksanaan pembelajaran di kelas, misal bermain drama, pasti membutuhkan durasi waktu dan persiapan yang lama. (4) Implementasi kecerdasan visual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek, pelaksanaannya dengan menitik tekankan penggunaan media yang meliputi pemasangan gambar slogan atau kaligrafi di lingkungan sekolah, penggunaan LCD untuk menjelaskan materi dengan power point, memutarkan video dan menunjukkan gambar, serta menitik tekankan pada ketrampilan siswa dalam memvisualisasikan materi yang meliputi membuat peta konsep atau pohon ilmu dan membuat cerita bergambar. Namun terdapat pula kendala dalam penerapannya antara lain terbatasnya fasilitas LCD proyektor dan keterbatasan waktu dari pribadi guru yang tidak sempat membuat materi pada power point atau mencari video/gambar terkait materi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133257 TIARA CAHYA MEGAWATI
Date Deposited: 28 Jul 2017 06:51
Last Modified: 28 Jul 2017 06:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5542

Actions (login required)

View Item View Item