PENGARUH KEGIATAN QIROATUL QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL - QUR’AN HADITS DI MTsN TULUNGAGUNG

ULVA AN ANIVA, 2811133266 (2017) PENGARUH KEGIATAN QIROATUL QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL - QUR’AN HADITS DI MTsN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (632kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (172kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kegiatan Qiroatul Qur’an terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits di MTsN Tulungagung” ini ditulis oleh Ulva An Aniva,NIM 2811133266 pembimbing H. Muh Nurul Huda, M.A. Kata Kunci : Kegiatan Qiroatul Qur’an, Hasil Belajar Kemampuan membaca Al-Qur’an merupakan pengetahuan dasar untuk lebih bisa memahami dan menerapkan bacaan-bacaan yang ada dalam Al-Qur’an. Karena syariat Islam sumbernya adalah dari Al-Qur’an dan Hadits yang keduanya menggunakan bahasa Arab. Al-Qur’an dan Hadits ini dipelajari dalam sebuah mata pelajaran yaitu Qur’an Hadits. Kegiatan qiroatul Qur’an ini diharapkan dapat mendukung pencapaian target pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits tersebut. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh qiroatul qur’an terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN Tulungagung ? (2) Seberapa besar pengaruh qiroatul qur’an terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, variabel dalam skripsi ini ada 2 yaitu kegiatan qiroatul Qur’an dan hasil belajar mata pelajaran Qur’an hadits penelitian ini juga memerlukan populasi penelitian dengan sampel penelitian sebagian siswa kelas VIII MTsN Tulungagung yang berjumlah 39 siswa. Kemudian sumber data yang terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Di samping itu penulis juga menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari metode observasi,interview, angket, dokumentasi. Kemudian mengolah data yang telah di dapat dengan menggunakan rumus product moment dan regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar yang dimiliki oleh siswa kelas VIII di MTsN Tulungagung dalam kategori cukup, yaitu berada rata-rata rata-rata 84, 51yang terletak pada interval 82 – 85. (2) Kegiatan qiroatul Qur’an berpengaruh positif dan signifikan terhadaphasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an hadits kelas VIII semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 (pada taraf 0,05) diperoleh F hitung= 5.431 > Ftabel = 4.110. Dilihat dari hitungan R square = 0,294 yang berarti kegiatan qiroatul Qur’an mempengarui hasil belajar siswa sebesar 29,4% , dengan demikian bahwa variabel kegiatan qiroatul Qur’an positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran Qur’an hadits kelas VIII di MTsN Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133266 ULVA AN ANIVA
Date Deposited: 27 Jul 2017 07:12
Last Modified: 27 Jul 2017 07:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5535

Actions (login required)

View Item View Item