Pengaruh Pendidikan Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di MTs As-syafi’iyah Gondang Tahun Ajaran 2013/2014

Kurli, Anis (2014) Pengaruh Pendidikan Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di MTs As-syafi’iyah Gondang Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
9 ABSTRAK.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I..pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II..pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III..pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV..pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: pendidikan karakter, kecerdasan emosional, siswa. Penelitian dalam skripsi dilatar belakangi oleh kondisi dimana dunia pendidikan sekarang kebanyakan hanya mengejar nilai akademis dengan kecerdasan intelektual saja padahal kecerdasan emosional sangat penting, dengan adanya peendidikan karakter seseorang akan menjadi cerdas emosinya. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui pengaruh pendidikan karakter terhadap kecerdasan emosional di MTs As-syafi’iyah Gondang Tulungagung. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh yang signifikan dari pendidikan karakter jujur terhadap kecerdasan emosional siswa di MTs As-syafi’iyah? (2) Adakah pengaruh yang signifikan dari pendidikan karakter disiplin terhadap kecerdasan emosional siswa di MTs As-syafi’iyah ? (3) Adakah pengaruh yang signifikan dari pendidikan karakter tanggung jawab terhadap kecerdasan emosional siswa di Mts As-syafi’iyah? Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MTs As-syafi’iyah sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan serta pengajaran, bagi para guru sebagai dasar pembinaan akhlak para siswa, bagi siswa sebagai bahan kajian dan renungan untuk meningkatkan karakter siswa Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, Populasi sebanyak 470 siswa. Sampelnya diambil secara Stratified Random Sampling atau teknik acak terlapis sebanyak 82 siswa. Variabel bebas: pendidikan karakter (dengan sub variabel: pendidikan karakter jujur, karakter disipin dan pendidikan karakter tanggung jawab). Variabel terikat: kecerdasan emosional. Metode pengumpulan data: angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data: peneliti menggunakan uji normalitas, uji regresi berganda,uji hipotesis. Hasil penelitian: 1. Terdapat pengaruh pendidikan karakter jujur terhadap kecerdasan emosional di MTs As-syafi’iyah Gondang dengan nilai thitung sebesar 6,958 dengan sig < α = 0,00 > = 0,05 yang berarti H0 ditolak. 2. Terdapat pengaruh pendidikan karakter disiplin terhadap,kecerdasan emosional di MTs As-syafi’iyah Gondang dengan nilai thitung sebesar 898 dengan sig < α = 0,000 > 0,05 yang berarti H0 ditolak. 3. Terdapat pengaruh pendidikan karakter tanggung jawab terhadap kecerdasan emosional di MTs As-syafi’iyah Gondang dengan nilai thitung sebesar 176 dengan sig < α = 0,860 > 0,05 yang berarti H0 ditolak Anis Kurli, 3211103042, Year: 2014, "Effect of Emotional Intelligence Education Against Students at MTs As-Syafi'iyah Gondang Academic Year 2013/2014", Thesis, Department of Islamic Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching, State Islamic Institute (IAIN) vBulletin, Advisor: Dr.. Hj. Sulistiyorini M.Ag. Keywords: character education, emotional intelligence, students. Thesis research in the background by the conditions in which education is now mostly just chasing the intellectual value of academic course while emotional intelligence is critical, given the character of a person education will be emotionally intelligent. In this case the researchers wanted to determine the effect of education on emotional intelligence character of MTs As-Syafi'iyah Gondang vBulletin. The formulation of the problem in this study were: (1) Is there a significant effect of honest character education to students in MTs emotional intelligence As-Syafi'iyah? (2) Is there a significant effect of character education emotional intelligence disciplines to students in MTs As-Syafi'iyah? (3) Is there a significant effect of character education responsibility to the emotional intelligence of students in Mts As-Syafi'iyah? This thesis is useful for MTs Head As-Syafi'iyah as contribute ideas to improve the quality of education and teaching, for teachers as a basis for moral development of the students, for students as study materials and reflection to enhance the student's character This study used quantitative research, as many as 470 student population. Sample taken Stratified Random Sampling technique of random or coated by 82 students. Independent variables: character education (with sub-variables: honest character education, character education character disipin and responsibilities). Dependent variable: emotional intelligence. Data collection methods: questionnaires, and documentation. Data analysis techniques: Researchers using normality test, multiple regression, hypothesis testing. Results of the study: 1. Honest character education influences of emotional intelligence in the As-Syafi'iyah Gondang MTs with tcount with sig 6.958 <α = 0.00> = 0.05, which means that H0 is rejected. 2. Influences of character education discipline, emotional intelligence in As-Syafi'iyah Gondang MTs with tcount 898 with sig <α = 0.000> 0.05, which means that H0 is rejected. 3. Influences of responsibility for character education emotional intelligence in As-Syafi'iyah Gondang MTs with tcount 176 with sig <α = 0.860> 0.05, which means that H0 is rejected

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 16 Dec 2014 06:13
Last Modified: 16 Dec 2014 06:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item