KOMPETENSI GURU AKIDAH AKAHLAK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS NEGERI NGANTRU

RIZAL KHOIRUL ANAS, 2811123199 (2017) KOMPETENSI GURU AKIDAH AKAHLAK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS NEGERI NGANTRU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MTs Negeri Ngantru” ini ditulis oleh Rizal Khoirul Anas, NIM. 2811123199, Pembimbing Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci : Kompetensi Guru, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu studi kasus bahwa hasil belajar siswa atau prestasi belajar siswa sangatlah dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas kompetensi yang dimiliki oleh guru dalam mengajar. Dalam hal ini peneliti ingin mengungkapkan bahwa kompetensi-kompetensi yang telah dikuasai dan dimiliki oleh guru dapat membantu siswa memperoleh prestasi belajar yang diharapkan dan juga mengembangkan potensi yang dimilikinya sesuai degan tujuan belajar khususnya dalam bidang akidah akhlak. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MTs Negeri Ngantru ? (2) Bagaimana Kompetensi Pedagogik Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MTs Negeri Ngantru ? (3) Bagaimana Kompetensi Professional Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MTs Negeri Ngantru ? (4) Bagaimana Kompetensi Sosisal Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MTs Negeri Ngantru ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mengetahui dengan rinci kompetensi-kompetensi guru dan indicator sub-kompetensi guru akidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Negeri Ngantru tersebut. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di MTs Negeri Ngantru Tulungagung dengan pertimbangan bahwa merupakan satu-satunya MTs Negeri di regional ngantru dan juga akses terdekat dengan tempat tinggal penulis yang memudahkan proses penggalian data secara maksimal. Pengumpulan data dilakukan dengan Interview, Observasi dan Dokumentasi terhadap objek penelitian. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif yaitu cenderung menggunakan kata-kata untuk menjelaskan suatu data temuan. Sedangkan pemerikasaan keabsahan data menggunakan Trianggulasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan Prestasi belajar siswa di MTs Negeri Ngantru sudah dibuktikan dengan diwujudkannya akhlak mulia yang diterapkan oleh guru sehingga guru mampu menjadi suri tauladan bagi peserta didik, sesama pendidik dan juga masyarakat sekitar. (2) Kompetensi paedagogik guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Negeri Ngantru sudah dibuktikan dengan adanya pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang didalamnya terdapat cara-cara guru memahami karakteristik peserta didik dan juga memanfaatkan tehnologi pemebelajaran sebagai sarana pendukung proses pembelajaran. (3) Kompetensi profesional guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Negeri Ngantru sudah diwujudkan dengan adanya kualifikasi akademik yang mumpuni dan juga pengembangan wawasan keilmuan yang bagus dari guru. (4) Kompetensi sosial guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa si MTs Negeri Ngantru sudah diaktualisasikan melalui kegiatan-kegiatan sosial yang melibatkan masyarakat sekitar, mampu menjadi jembatan penghubung yang baik antara wali siswa dengan siswa sehingga memotivasi siswa lebih giat dalam belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123199 RIZAL KHOIRUL ANAS
Date Deposited: 25 Jul 2017 03:49
Last Modified: 25 Jul 2017 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5494

Actions (login required)

View Item View Item