PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS III MIN PUCUNG NGANTRU TULUNGAGUNG

DEWI TRIANA, 2817133033 (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS III MIN PUCUNG NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (805kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (412kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (202kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik Kelas III MIN Pucung Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Dewi Triana, NIM. 2817133033, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo M.Pd. Kata Kunci: Card Sort, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN Pucung Ngantru Tulungagung yang menunjukkan bahwa kemampuan kerjasama, keaktifan dan hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Sebagai contoh nilai Ulangan Tengah Semester peserta didik yang rendah dengan ditandai banyaknya nilai yang dibawah KKM. Nilai KKM Al-Qur’an Hadits di MIN Pucung Ngantru Tulungagung sebesar 75. Guru masih menggunakan model pembelajaran yang bersifat konvensional, sehingga pembelajaran didominasi oleh guru. Dominasi guru dalam proses pembelajaran ini menjadikan peserta didik bersikap pasif sehingga, mereka lebih sering menunggu apa yang akan diberikan guru dari pada menemukan sendiri pengetahuan, keterampilan dan sikap yang mereka butuhkan. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan metode pembelajaran card sort. Penerapan metode pembelajaran tersebut diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, sehingga kemampuan kerjasama, keaktifan dan hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peningkatan kerjasama pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pokok bahasan hukum bacaan qalqalah melalui penerapan metode pembelajaran card sort peserta didik kelas III MIN Pucung Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan keaktifan pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pokok bahasan hukum bacaan qalqalah melalui penerapan metode pembelajaran card sort peserta didik kelas III MIN Pucung Ngantru Tulungagung? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadits pokok bahasan hukum bacaan qalqalah melalui penerapan metode pembelajaran card sort peserta didik kelas III MIN Pucung Ngantru Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kerjasama pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pokok bahasan hukum bacaan qalqalah melalui penerapan metode pembelajaran card sort peserta didik kelas III MIN Pucung Ngantru Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pokok bahasan hukum bacaan qalqalah melalui penerapan metode pembelajaran card sort peserta didik kelas III MIN Pucung Ngantru Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadits pokok bahasan hukum bacaan qalqalah melalui penerapan metode pembelajaran card sort peserta didik kelas III MIN Pucung Ngantru Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, siklus pertama dua pertemuan siklus kedua satu kali pertemuan. Sasaran penelitian adalah peserta didik kelas III MIN Pucung Ngantru Tulungagung yang terdiri dari 17 peserta didik laki-laki dan 18 peserta didik perempuan. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanaan, peneliti menyusun rencana dari setiap siklus meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), metode, media, dan materi. (2) tahap pelaksanaan, peneliti menerapkan metode pembelajaran card sort pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III pokok bahasan hukum bacaan qalqalah (3) tahap observasi, peneliti dibantu oleh guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III dan juga teman sejawat melakukan pengamatan terkait kegiatan peneliti dan juga respon keadaan peserta didik sesuai dalam lembar observasi yang telah disediakan sebelumnya dan (4) tahap refleksi, peneliti melakukan refleksi terkait pembelajaran yang telah dilakukan. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 75. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan maka: Pada Fokus satu kerjasama peserta didik meningkat dari 71,25% dengan kategori cukup pada siklus satu, menjadi 80% dengan kategori baik pada siklus dua. Pada Fokus dua keaktifan belajar peserta didik meningkat dari 75,71% dengan kategori cukup pada siklus satu, menjadi 82,14% dengan kategori baik pada siklus dua. Pada Fokus tiga prosentase hasil belajar dapat dilihat dari hasil tes awal nilai rata-rata peserta didik hanya mencapai 45,42 dengan persentase ketuntasan 14,28%, dilanjutkan siklus satu nilai rata-rata peserta didik mencapai 75,71 dengan prosentase ketuntasan 60% dan pada siklus dua nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 81,85 dengan prosentase ketuntasan 88,58%. Hasil belajar siklus dua ini menunjukkan adanya ketercapaian indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Berdasarkan pengamatan keterampilan peneliti meningkat dari 82,14% dengan kategori baik pada siklus satu menjadi 90,71% dengan kategori sangat baik pada siklus dua. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar AlQur’an Hadits peserta didik kelas III MIN Pucung Ngantru Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133033 DEWI TRIANA
Date Deposited: 24 Jul 2017 07:20
Last Modified: 24 Jul 2017 07:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5493

Actions (login required)

View Item View Item