SISTEM SKS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI MIA 1 DI MAN 1 TULUNGAGUNG

TRISNA DWI ANJARSARI, 2811133262 (2017) SISTEM SKS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI MIA 1 DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (432kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Sistem SKS untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI MIA 1 Di MAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Trisna Dwi Anjarsari, NIM. 2811133262, Pembimbing Dr. H. Abdul Manab, M.Ag. Kata kunci: Sistem SKS, meningkatkan Prestasi Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI MIA 1 di MAN 1 Tulungagung Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sistem penyelenggaraan pendidikan di Indonesia baik jenjang pendidikan dasar maupun menengah saat ini masih menggunakan sistem paket, dimana setiap peserta didik mendapatkan porsi yang sama dalam menempuh pembelajaran sesuai yang ditentukan oleh sekolah. Hal ini dirasa kurang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan peserta didik. Apalagi MAN 1 Tulungagung masih satu-satunya Madrasah se-Jawa Timur yang telah menggunakan SKS. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Persiapan penyelenggaraan SKS di MAN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana Implementasi Sistem Kredit Semester untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI MIA 1 Di MAN 1 Tulungagung? (3) Bagaimana Evaluasi atau hasil belajar dari Penerapan Sistem Kredit Semester untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI MIA 1 Di MAN 1 Tulungagung? (4) Bagaimana Implikasi dari Penerapan Sistem Kredit Semester untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI MIA 1 Di MAN 1 Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan Sistem SKS untuk meningkatkan prestasi peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas XI MIA 1 Di MAN 1 tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi MAN 1 Tulungagung , sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka meningkatkan Penerapan SKS. bagi siswa MAN 1 Tulungagung agar lebih mengetahui penerapan SKS di sekolahnya. Bagi pembaca dan peneliti selanjutnya sebagai bahan masukan atau referensi untuk peneliti berikutnya yang akan melanjutkan untuk meneliti SKS di Tingkat MA. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data mengenai lokasi penelitian, mengamati langsung di lokasi penelitian terkait dengan SKS. Sedangkan wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menggali rancangan, penerapan, evaluasi, dan implikasi penerapan SKS. Dalam analisis data penelitian ini menggunakan analisis data dari bukunya Robert K Yin yaitu menggunakan analisi data Pola Model Logika. Analisis ini menggunakan dua tahapan yang pertama peneliti membuat sebab yang ada di dalam fokus penelitian, yang kedua pengaruh, peneliti mencari pengaruh yang ditimbulkan dari sebab- sebab tersebut. Hasil penelitian menunjukkan: (1) SKS adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan dimana peserta didiknya menentukan jumlah beban belajar dan mata pelajaran yang diikuti setiap semester pada satuan pendidikan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan atau kecepatan belajar. Persiapan yang harus dilakukan saat penyelenggaraan SKS di MAN 1 Tulungagung Ada 3 tahapan. Dengan adanya Persiapan sebelum melakukan penyelenggaraan SKS, memudahkan semua belah pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan SKS Di MAN 1 Tulungagung. (2) Implementasinya dilakukan secara bertahap dengan Tulungagung masih pada tahun kedua dalam penerapan SKS ini jadi yang menggunakan SKS saat ini masih hanya untuk kelas X dan XI untuk Kelas XII masih menggunakan paket. (3) evaluasi menggunakan standart Kurikulum 2013 yang mencakup nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan. (4) implikasi penerapan SKS antara lain, (a) Bagi siswa yang kecerdasannya diatas rata-rata maka akan cepat lulus, (b) Siswa lebih senang dan lebih enjoy karna sejak daftar sudah disuruh memilih sendiri jurusan yang diinginkan yang sesuai dengan bakat dan minatnnya, (c) anak merasa dihargai, karena anak menentukan sendiri beban belajarnya sendiri sesuai dengan bakat minatnya, (d) Hubungan peserta didik dengan dengan pembimbing akademik lebih kuat sejak awal tahun pertama sampai dengan selesai masa studinya, (e) Memotivasi belajar peserta didik lebih tinggi karena hak memilih beban belajar dan mata pelajaran tiap semester.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133262 TRISNA DWI ANJARSARI
Date Deposited: 27 Jul 2017 06:20
Last Modified: 27 Jul 2017 06:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5459

Actions (login required)

View Item View Item