PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS III MI ISLAMIYAH PINGGIRSARI NGANTRU TULUNGAGUNG

NIKMATUL SHOLIKAH, 2817133123 (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS III MI ISLAMIYAH PINGGIRSARI NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (870kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair and Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas III MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Nikmatul Sholikah, NIM. 2817133123, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung pembimbing Drs. H. Jani, MM,M.Pd. Kata Kunci: Cooperative Learning, Think Pair and Share dan Hasil Belajar. Pendidikan tidak lepas dari proses belajar mengajar antara pendidik dan peserta didik dalam suatu proses pembelajaran. Keberhasilan suatu proses pembelajaran tidak lepas dari peran guru dan partisipasi peserta didik yang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitianini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran IPS yang masih didominasi oleh guru (Teacher centered). Peran guru yang mendominasi ini menyebabkan Peserta didik menjadi pasif dan menyebabkan kebosanan. Sehingga pemahaman materi pada peserta didik kurang dan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. IPS sebagai mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial diharapkan mampu mengantarkan peserta didik untuk dapat mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial di lingkungan masyarakat. Dengan Penggunaan Model Cooperative LearningTipe Think Pair and Share (TPS) dalam pembelajaran IPS diharap dapat membantu pemahamansiswa dalam belajar IPS. Model Cooperative LearningTipe Think Pair and Share (TPS) atau berfikir berpasangan berbagi yang merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan merupakan suatu cara efektif untuk membentuk variasi suasana pola diskusi kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan Model Cooperative Learning tipe Think Pair and Share (TPS) pada Mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Jenis-jenis Pekerjaan pada peserta didik Kelas III MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik dalam belajar IPS Pokok Bahasan Jenis-jenis Pekerjaan melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Think Pair and Share (TPS) peserta didik Kelas III MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan Model Cooperative Learning tipe Think Pair and Share (TPS) pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Jenis-jenis Pekerjaan pada peserta didik Kelas III MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam belajar IPS Pokok Bahasan Jenis-jenis Pekerjaan melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Think Pair and Share (TPS) peserta didik Kelas III MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah Peserta didik kelas III di MIIslamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung. Teknik yang digunakandalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Penerapan Model Cooperative LearningTipe Think Pair and Share (TPS) dalam pembelajaran terdiri dari 5 tahan utama, yaitu tahap pendahuluan, tahap berfikir (Think), Tahap berfikir berpasangan (Pair), tahap presentasi hasil diskusi (Share) dan penutup. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Model Cooperative LearningTipe Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPS Pokok Bahasan Jenis-Jenis Pekerjaan peserta didik Kelas III MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata pada tes akhir (Post Test) siklus I adalah 69,52 (65,22%) yang berada pada kriteria cukup baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 87,82 (100%) dan berada pada kriteria sangat baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133123 NIKMATUL SHOLIKAH
Date Deposited: 13 Jul 2017 06:26
Last Modified: 13 Jul 2017 06:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5440

Actions (login required)

View Item View Item