PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS III MI PSM BARAN MOJO KEDIRI

NIA NI’MATUL CHASANAH, 2817133120 (2017) PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS III MI PSM BARAN MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Course Review Horay Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Peserta Didik Kelas III MI PSM Baran Mojo Kediri” ini ditulis oleh Nia Ni’matul Chasanah, NIM. 2817133120, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyahdan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Drs. H. Jani, M.M, M.Pd. Kata Kunci: Course Review Horay, Prestasi Belajar. Penelitian dalam skrisi ini dilatar belakangi oleh pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah peserta didik masih cenderung pasif dan kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru. Beberapa peserta didik ada yang bermain sendiri ketika pembelajaran berlangsung. Dan proses pembelajaran yang dilaksanakan guru masih menggunakan metode yang biasa digunakan yaitu metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Hal ini menjadikan timbulnya rasa bosan pada peserta didik dan pembelajaran menjadi monoton. Dalam penelitian ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan metode Course Review Horay. Dengan menerapkan metode ini diharapkan dapat menarik minat peserta didik dalam belajar, dan menjadikan kegiatan pembelajaran menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Berdasarkan pada latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode Course Review Horay (CRH) untuk meningkatkan prestasi belajar IPS peserta didik kelas III MI PSM Baran Mojo Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar IPS pokok bahasan Lingkungan Alam dan Buatan melalui penerapan metode Course Review Horay (CRH) peserta didik kelas III MI PSM Baran Mojo Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Menjelaskan penerapan metode Course Review Horay (CRH) untuk meningkatkan prestasi belajar IPS peserta didik kelas III MI PSM Baran Mojo Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Menjelaskan peningkatan prestasi belajar IPS pokok bahasan Lingkungan Alam dan Buatan melalui penerapan metode Course Review Horay (CRH) peserta didik kelas III MI PSM Baran Mojo Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dengan empat tahap, yaitu: (1) tahap perencanaan (planing) (2) tahap pelaksanaan (acting) (3) tahap observasi (observating) (4) tahap refleksi (reflecting). Teknik yang digunakan pada pengumpulan data antara lain: tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI PSM Baran Mojo Kediri, dengan jumlah peserta didik 35, terdiri atas 18 peserta didik laki-laki dan 17 peserta didik perempuan. Berdasarkan penerapan metode Course Review Horay (CRH) dengan langkah-langkah: (1) kegiatan awal: guru menyampaikan tujuan pembelajaran, memberikan motivasi dan apersepsi, (2) kegiatan inti: guru menyampaikan materi, dan menerapkan metode pembelajaran, (3) kegiatan akhir: memberikan tes akhir (post test) dan membuat kesimpulan bersama peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas III MI PSM Baran Mojo Kediri. Sedangkan prestasi belajar dapat dilihat dari meningkatatnya nilai rata-rata peserta didik mulai dari pre test dengan nilai 47,42, menjadi 74 pada post test siklus I, dan meningkat pada 87,37 pada post test siklus II. Juga dari ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan, dari siklus I sebesar 68,57% kemudian meningkat menjadi 91,42% pada siklus II. Dengan demikian membuktikan bahwa penerapan metode Course Review Horay dapat meningkatkan prestasi belajar IPS peserta didik kelas III MI PSM Baran Mojo Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133120 NIA NI’MATUL CHASANAH
Date Deposited: 13 Jul 2017 06:19
Last Modified: 13 Jul 2017 06:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5438

Actions (login required)

View Item View Item