PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN LKS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 1 CAMPURDARAT

UMI MAZIDATUL KHORIDA, 2814133192 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN LKS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 1 CAMPURDARAT. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (317kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (736kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (191kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan LKS dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Campurdarat” ini ditulis oleh Umi Mazidatul Khorida (2814133192) Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Purwo Widodo, M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan LKS, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru hendaknya memilih dan menggunakan model, strategi, pendekatan, metode atau teknik yang banyak melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran, baik secara mental, fisik maupun sosial. Selain itu guru hendaknya memilih metode pembelajaran yang dapat merangsang minat atau perhatian sehingga merasa tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan antara model pembelajaran treffinger berbantuan LKS dan motivasi dalam kaitannya dengan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Campurdarat Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran treffinger berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat? (2) Apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat? (3) Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran treffinger berbantuan LKS dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat? Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran treffinger berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat (2) Untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat (2) Untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran treffinger berbantuan LKS dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mendapatkan nilai hasil belajar siswa, metode angket digunakan untuk mengetahui tingkat motivasi siswa, sedangkan metode observasi dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh informasi tentang populasi, sampel, dan informasi lain yang dibutuhkan dalam penelitian. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran treffinger berbantuan LKS dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran treffinger berbantuan LKS dan motivasi belajar. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling (sampel acak kelompok) ialah sampel acak sederhana dimana setiap sampling ini terdiri dari kumpulan atau kelompok elemen. Banyaknya sampel pada penelitian ini adalah 64 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Campurdarat pada tanggal 17 – 24 januari 2017. Metode analisis data penelitian ini menggunakan dua tahap yaitu analisis awal dan analisis akhir. Analisis awal berupa uji homogenitas dan uji normalitas. Sedangkan analisis akhir menggunakan anava dua jalur. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa Fhitung = 25,961 dan taraf signifikansi 0,000. Sedangkan untuk Ftabel dengan taraf signifikansi 5% serta df pembilang 1 dan df penyebut 60 diperoleh nilai Ftabel = 4,00. Maka karena Fhitung ≥ Ftabel yaitu 25,961 ≥ 4,00 dan taraf signifikansi ≤ 0,05 yaitu 0,000 ≤ 0,05, H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Treffinger berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat. Selanjutnya, Fhitung = 123,944 dan taraf signifikansi 0,000. Sedangkan untuk Ftabel dengan taraf signifikansi 5% serta df pembilang 1 dan df penyebut 60 diperoleh nilai Ftabel = 4,00. Maka karena Fhitung ≥ Ftabel yaitu 123,944 ≥ 4,00 dan taraf signifikansi ≤ 0,05 yaitu 0,000 ≤ 0,05, H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat. Yang terakhir, Fhitung = 7,707 dan taraf signifikansi 0,007. Sedangkan untuk Ftabel dengan taraf signifikansi 5% serta df pembilang 1 dan df penyebut 60 diperoleh nilai Ftabel = 4,00. Maka karena Fhitung ≥ Ftabel yaitu 7,707 ≥ 4,00 dan taraf signifikansi ≤ 0,05 yaitu 0,007 ≤ 0,05, H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Treffinger berbantuan LKS dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133192 Umi Mazidatul Khorida
Date Deposited: 11 Jul 2017 08:04
Last Modified: 11 Jul 2017 08:04
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/5421

Actions (login required)

View Item View Item