PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT BERJAMA’AH DAN PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI SISWA DI MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

ERSY ANNA WIDIA ASTUTIK, 2811133086 (2017) PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT BERJAMA’AH DAN PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI SISWA DI MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (699kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (272kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)

Abstract

ABSTRAK Ersy Anna Widia Astutik 2811133086, skripsi dengan judul “Pengaruh Pembiasaan Shalat Berjama’ah dan Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa MTs Al-Huda Bandung Tulungagung” Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri Tulungagung. Dosen Pembimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh. M.Pd.I, NIP. 196912061999031003 Kata Kunci: Pembiasaan Shalat Berjama’ah, Pembiasaan Membaca Al-Qur’an, Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukan bahwa pelaksanaan pendidikan agama cenderung lebih banyak digarap dari sisi pengajaran, sementara pada aspek pedagogisnya kurang banyak disentuh. Sementara itu keberhasilan proses belajar mengajar suatu lembaga pendidikan dapat dilihat dari prestasi belajar yang dicapai oleh peserta didik. Salah satu prestasi belajar yang dicapai adalah pada mata pelajaran PAI yang memuat materi al-Qur’an Hadits, Aqidah akhlak, Fiqih, dan SKI. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh pembiasaan shalat berjama’ah terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? (2) Adakah pengaruh pembiasaan membaca al-Qur’an terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? (3) Adakah pengaruh bersama-sama pembiasaan shalat berjama’ah dan pembiasaan membaca al-Qur’an terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MTs Al-Huda Bandung Tulungagung sebagai masukan dalam menentukan kebijakan yang diarahkan untuk meningkatkan prestasi belajar PAI siswa, bagi guru MTs Al-Huda Bandung Tulungagung supaya tercipta jalinan komunikasi yang baik antara guru dengan murid, dan bagi siswa supaya masa depan para siswa makin cerah dan meyakinkan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitin korelasional. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung yang berjumlah 530. Jumlah sampel berdasarkan tabel sugiyono dengan taraf kesalahan 5% yaitu sebanyak 205 siswa. Teknik sampling yang digunakan stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan koefisien korelasi pearson, dan untuk uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan koefisien korelasi dengan statistik uji t, dan regresi linier berganda dengan statistik uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pembiasaan shalat berjama’ah terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Dibuktikan dengan penelitian yaitu thitung lebih besar dari ttabel. Nilai thitung sejumlah 14.461 dan ttabel sejumlah 1.960 dengan taraf nyata 5% . (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pembiasaan membaca al-Qur’an terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Dibuktikan dengan penelitian yaitu thitung lebih besar dari ttabel. Nilai thitung sejumlah -38.408 dan ttabel sejumlah 1.960 dengan taraf nyata 5%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pembiasaan shalat berjama’ah dan pembiasaan membaca al-Qur’an terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Dibuktikan dengan penelitian yaitu Fhitung lebih besar dari Ftabel. Nilai Fhitung sejumlah 6.387 dan Ftabel sejumlah 4.74 dengan taraf nyata 5%

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133086 ERSY ANNA WIDIA ASTUTIK
Date Deposited: 11 Jul 2017 06:07
Last Modified: 11 Jul 2017 06:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5402

Actions (login required)

View Item View Item