PENGARUH KOMPETENSI GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR

FAHIMA ARIANI, 2811133088 (2017) PENGARUH KOMPETENSI GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (838kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (290kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)

Abstract

ABSTRAK Fahima Ariani, 2811133088, skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Guru Akidah Akhlak Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar” Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing oleh Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, Kompetensi Profesional, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukan kemampuan guru dalam menguasai kemampuan profesional masih rendah dan merosotnya mutu pendidikan nasional disebabkan oleh keberadaan guru yang tidak profesional. Mutu pendidikan nasional dan prestasi belajar siswa dapat meningkat dengan meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Guru yang profesional harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Adakah pengaruh antara kompetensi pedagogik Guru Akidah Akhlak terhadap prestasi belajar siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar? (2) Adakah pengaruh antara kompetensi kepribadian Guru Akidah Akhlak terhadap prestasi belajar siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar? (3) Adakah pengaruh antara kompetensi sosial Guru Akidah Akhlak terhadap prestasi belajar siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar? (4) Adakah pengaruh antara kompetensi profesional Guru Akidah Akhlak terhadap prestasi belajar siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar? (5) Adakah pengaruh antara kompetensi Guru Akidah Akhlak terhadap prestasi belajar siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar? Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MTs Darul Huda Wonodadi Blitar sebagai masukan dalam meningkatkan kompetensi guru agar prestasi belajar siswa menjadi lebih baik, bagi guru MTs Darul Huda Wonodadi Blitar supaya dapat meningkatkan kompetensinya, dan bagi peneliti yang akan datang sebagai petunjuk dan bahan pertimbangan dalam menyusun rancangan penelitian yang lebih baik lagi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar yang berjumlah 305. Jumlah sampel berdasarkan tabel Issac dan Michael dengan taraf kesalahan 10% yaitu sebanyak 143 siswa. Teknik sampling yang digunakan stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik Guru Akidah Akhlak dengan prestasi belajar siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu Fhitung lebih dari Ftabel. Nilai Fhitung sejumlah 4.567 dan Ftabel sejumlah 3.92 dengan taraf signifikansi sejumlah 0.034. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian Guru Akidah Akhlak dengan prestasi belajar siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu Fhitung lebih dari Ftabel. Nilai Fhitung sejumlah 5.029 dan Ftabel sejumlah 3.92 dengan taraf signifikansi sejumlah 0.026. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi sosial Guru Akidah Akhlak dengan prestasi belajar siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu Fhitung lebih dari Ftabel. Nilai Fhitung sejumlah 7.217 dan Ftabel sejumlah 3.92 dengan taraf signifikansi sejumlah 0.008 (4) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional Guru Akidah Akhlak dengan prestasi belajar siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu Fhitung lebih dari Ftabel. Nilai Fhitung sejumlah 79.673 dan Ftabel sejumlah 3.92 dengan taraf signifikansi sejumlah 0.000. (5) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi Guru Akidah Akhlak dengan prestasi belajar siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu Fhitung lebih dari Ftabel. Nilai Fhitung sejumlah 20.366 dan Ftabel sejumlah 3.92 dengan taraf signifikansi sejumlah 0.000.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133088 FAHIMA ARIANI
Date Deposited: 11 Jul 2017 04:29
Last Modified: 11 Jul 2017 04:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5384

Actions (login required)

View Item View Item