STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGELOLA KELAS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

LUTFIYAH, 2811133137 (2017) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGELOLA KELAS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (480kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (641kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Lutfiyah, NIM. 2811133137, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengelola Kelas Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017”, Dosen Pembimbing Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag, NIP. 19651215 200312 2 001. Kata kunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Mengelola Kelas, Kualitas Pembelajaran. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran guru dalam kegiatan pembelajaran. Guru sebagai tenaga profesional dituntut tidak hanya mampu mengelola pembelajaran saja, tetapi juga harus mampu menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal bagi tercapainya tujuan pengajaran. Dan tujuan pengajaran pun sangat bergantung kepada kemampuan kelas, yaitu kelas yang dapat menciptakan situasi belajar dengan baik, tanpa tekanan dan dalam kondisi yang merangsang untuk belajar, serta membantu meningkatkan kualitas pembelajaran, maka diperlukan pengelolaan kelas yang baik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) bagaimana guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan iklim kelas yang kondusif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung? (2) bagaimana guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatur ruang kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung? (3) bagaimana guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi di kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk menggali informasi mengenai strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung, sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui pelaksanaan dalam mengelola kelas tersebut. Analisis data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data di antaranya perpanjangan kehadiran, triangulasi, dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tentang strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu: (1) strategi dalam menciptakan iklim kelas yang kondusif antara lain: melihat kondisi lingkungan kelas dan mengenal karakter masing-masing peserta didik; menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan nyaman; menerapkan pembelajaran yang santai namun tetap aktif dan guru bersemangat saat mengajar; membangkitkan minat belajar peserta didik; dan membuat perencanaan pembelajaran. (2) strategi dalam mengatur ruang kelas antara lain: memelihara kebersihan dan keindahan semua barang yang ada di kelas; penataan posisi tempat duduk peserta didik menyesuaikan dengan metode pembelajaran yang digunakan; dan penempatan peserta didik mempertimbangkan keanekaragaman karakteristik individu peserta didik. (3) strategi dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi di kelas antara lain: menggunakan gaya mengajar yang bervariasi; memberi teguran dan juga tindakan kepada peserta didik yang membuat kegaduhan di kelas; mengenal peserta didik lebih dekat; guru bersikap ramah, sabar, suka membantu dan memperhatikan peserta didik dalam aktivitas pembelajaran, bersikap akrab seperti halnya seorang sahabat, teman curhat, adil, tegas dan bijaksana.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133137 LUTFIYAH
Date Deposited: 10 Jul 2017 07:15
Last Modified: 10 Jul 2017 07:15
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/5364

Actions (login required)

View Item View Item