Penerapan Model Cooperatif Learning Tipe Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung

Melinda Ellen Febriani, 2817133104 (2017) Penerapan Model Cooperatif Learning Tipe Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Melinda Ellen Febriani: “Penerapan Model Cooperatife Learning tipe Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung”. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Fathul Mujib, M.Ag Kata Kunci : Model Cooperatife Learning tipe Talkng Stick, Hasil Belajar Aqidah Akhlak Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung dalam pembelajaran Aqidah akhlak yang masih rendah. Banyak peserta didik yang kurang berkonsentrasi ke materi pembelajaran. Pendidik hanya menggunakan buku paket dan metode berceramah dalam penyampaian materi. Pendidik merasa cukup sulit untuk mengetahui seberapa pemahaman dari peserta didik karena setiap peserta didik memiliki kemmampuan yang berbeda-beda, tidak berani mengemukakan pendapat, kurangnya kerjasama antara anggota kelompoknya sehingga dapat mempengaruhi hasil belajaryang kurang optimal. Berangkat dari permasalahan inilah peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model Cooperatife Learning tipe Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar Aqidah akhlak peserta didik kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Rumusan masalah skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model Cooperative Learning tipe Talking Stick pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan Akhlak terpuji pada peserta didik kelas IVSDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Aqidah Akhlak pokok bahasan Akhlak terpuji dengan penggunaan model Cooperative Learning tipe Talking Stick kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model Cooperative Learning tipe Talking Stick pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan Akhlak Terpuji pada peserta didik kelas IVSDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Aqidah Akhlak pokok bahasan Akhlak terpuji dengan penggunaan model Cooperative Learning tipe Talking Stick kelas IVSDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini bermanfaat bagi Kepala SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung, sebagai pertimbangan dalam rangka peningkatan mutu pengajaran yang optimal, bagi pendidik SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung, untuk mempermudah dalam menyampaikan materi. Bagi peserta didik SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung dapat dijadikan sebagai motivasi dalam belajar dan untuk meningkatkan hasil belajarnya, bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai bahan masukan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, wawancara, pengamatan (observation), dokumentasi dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperatife Learning tipe Talking Stickdapat meningkatkan hasil belajar peserta didikkelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Akhlak terpuji (hormat dan patuh). Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar tes awal adalah 69 meningkat menjadi 82 pada tes akhir I (siklus I) meningkat menjadi 87 pada tes akhir II (siklus II). Sedangkan prosentase ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas IV pada tes awal adalah 39% meningkat menjadi 67% pada tes akhir I (siklus I) meningkat menjadi 94% pada tes akhir II (siklus II).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133104 melinda ellen febriani
Date Deposited: 07 Aug 2017 02:39
Last Modified: 07 Aug 2017 02:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5355

Actions (login required)

View Item View Item