PENGARUH MEDIA POWERPOINT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKATERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

HANA ROCHMAWATI, 2814133217 (2017) PENGARUH MEDIA POWERPOINT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKATERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (895kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (379kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Powerpoint dalam Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung.” ini ditulis oleh Hana Rochmawati dibimbing oleh Miswanto,M.Pd. Kata Kunci: media powerpoint, hasil belajar Persepsi siswa bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit sehingga menjadi penyebab kurangnya pemahaman konsep siswa terhadap materi yang disampaikan. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran yang dapat mengubah persepsi siswa tentang matematika. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan adalah menggunakan media Powerpoint. Media Powerpoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi dalam bentuk slide yang bisa ditambahkan audio, vidio, gambar dan animasi. Yang diharapkan dengan menggunakan media Powerpoint, persepsi tentang matematika dapat membuat matematika lebih menyenangkan dan diminati siswa.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: a) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media Powerpointdalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika materi Bangun Datar Kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. b) Untuk mengetahui besar pengaruh media Powerpoint dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika materi Bangun Datar Kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIISMPN 1 Kalidawir. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII E (kelas eksperimen) dan VII G (kelas kontrol). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Metode observasi digunakan untuk memperoleh informasi SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh sumber tertulis ditempat penelitian. Sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh nilai sebagai alat ukur penelitian, untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa. Data yang telah terkumpul diuji terlebih dahulu menggunakan ujinormalitas. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas dari hasil post test keduakelas tersebut diperoleh data kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Sehingga dilanjutkan pengujian hipotesis menggunakan t-test. Kesimpulannya ada pengaruh media Powerpoint dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika materi Bangun Datar Kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung dengan nilai t hitung = 2.058 sedangkan t tabel = 2.000 pada taraf signifikansi 5% adalah 0,044, dan besarnya pengaruh media Powerpoint dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika materi Bangun Datar Kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung adalah 0,506, didalam tabel interprestasi nilai Cohen’s tergolong sedang dengan presentase sebesar 69%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133217 Hana Rochmawati
Date Deposited: 10 Jul 2017 01:54
Last Modified: 10 Jul 2017 01:54
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/5352

Actions (login required)

View Item View Item