PENERAPAN METODE EDUTAINMENT DENGAN MEDIA WAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK GAMBAR PERANGANE AWAK BAHASA JAWA PESERTA DIDIK KELAS I MI MIFTAHUL ULUM BANGGLE 02 KANIGORO BLITAR

Siti Zumrotul Nikmah, 2817133187 (2017) PENERAPAN METODE EDUTAINMENT DENGAN MEDIA WAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK GAMBAR PERANGANE AWAK BAHASA JAWA PESERTA DIDIK KELAS I MI MIFTAHUL ULUM BANGGLE 02 KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (977kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (54kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Edutainment Dengan Media Wayang Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Gambar Perangane Awak Bahasa Jawa Peserta Didik Kelas I MI Miftahul Ulum Banggle 02 Kanigoro Blitar” ini ditulis oleh Siti Zumrotul Nikmah, NIM 2817133187 dibimbing oleh Bapak Mustofa, S.S., M.Pd. Kata kunci: Edutainment, Kemampuan Menyimak, Bahasa Jawa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan bahwa peserta didik kesulitan mengidentifikasi gambar anggota tubuh dan namanya dalam basa karma (alus) dalam kegiatan menyimak, yang berakibat pada nilai Bahasa Jawa yang selalu dibawah rata-rata. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan metode edutainment. Penerapan metode edutainment dalam proses belajar mengajar diharap dapat membantu pemahaman peserta didik dalam belajar Bahasa Jawa, sehingga kemampuan menyimak peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana proses meningkatkan belajar pada mata pelajaran Bahasa Jawa materi menyimak gambar dengan metode edutainment pada peserta didik kelas I MI Miftahul Ulum Banggle 02 Kanigoro Blitar ? (2) Bagaimana hasil meningkatkan belajar menyimak gambar perangane awak (bagian tubuh) Bahasa Jawa dengan metode edutainment pada peserta didik kelas I MI Miftahul Ulum Banggle 02 Kanigoro Blitar ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses meningkatkan belajar pada mata pelajaran Bahasa Jawa materi menyimak gambar dengan metode edutainment pada peserta didik kelas I MI Miftahul Ulum Banggle 02 Kanigoro Blitar, (2) Mengetahui hasil meningkatkan belajar menyimak gambar perangane awak (bagian tubuh) Bahasa Jawa dengan metode edutainment pada peserta didik kelas I MI Miftahul Ulum Banggle 02 Kanigoro Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas I MI Miftahul Ulum Banggle 02 Kanigoro Blitar. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didikmencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) penerapan metode edutainment pada mata pelajaran Bahasa Jawa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: penyampain kompetensi yang akan dicapai, penyajian materi sebagai pengantar, pemberian informasi tentang prosedur pelaksanaan pembelajaran edutainment, pembagian kelompok belajar, penjelasan kerja kelompok, kerja kelompok berupa merangkai wayang, kesimpulan dan pemberian nilai. (2) terdapat peningkatan kemampuan menyimak dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Hal ini dapat dilihat dari nilai tes akhir pada proses belajar mengajar siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 55,9 dengan prosentase 45,5 % dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 78,00 dengan prosentase 90%. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode edutainment dapat meningkatkan kemampuan menyimak peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Jawa materi gambar tunggal dan seri kelas I MI Miftahul Ulum Banggle 02 Kanigoro Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133187 siti zumrotul nikmah
Date Deposited: 07 Jul 2017 06:45
Last Modified: 07 Jul 2017 06:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5348

Actions (login required)

View Item View Item