PENGARUH PEMBELAJARAN NILAI-NILAI KE-NU-AN TERHADAP SIKAP MURID DI MTS SUNAN KALIJAGA KRANDING MOJO KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017

KHAIRUN NISAK, 2811133118 (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN NILAI-NILAI KE-NU-AN TERHADAP SIKAP MURID DI MTS SUNAN KALIJAGA KRANDING MOJO KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Ke-NU-an terhadap Sikap Murid di MTs Sunan Kalijaga Kranding Mojo Kediri tahun ajaran 2016/2017”, ini ditulis oleh Khairun Nisak, NIM. 2811133118, dibimbing oleh Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci: Pembelajaran Ke-NU-an, Sikap Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional Pasal 3 menegaskan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. undang-undang tersebut diatas menyatakan bahwa keberhasilan pendidikan yang dilakukan tidak hanya semata-mata menghasilkan anak yang cerdas, terampil kreatif dan mandiri akan tetapi juga beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia dan yang terakhir ini yang kita namakan dengan sikap. Pembelajaran Ke-NU-an adalah salah satu cara untuk mewujudkan sikap peserta didik yang berakhlak mulia, kurikulum Ke-NU-an pun sesuai dengan karakteristik Kurikulum 2013 yang menekankan pada pendidikan sikap dan karakter. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah, 1) Bagaimana pengaruh pembelajaran Ke-NU-An terhadap sikap sabar murid di MTs Sunan Kalijaga Kranding Mojo Kediri Tahun Ajaran 2017/2018? 2) Bagaimana pengaruh pembelajaran Ke-NU-An terhadap sikap Wara’ murid di MTs Sunan Kalijaga Karnding Mojo Kediri Tahun Ajaran 2017/2018? 3) Bagaimana pengaruh pembelajaran Ke-NU-An terhadap sikap disiplin murid di MTs Sunan Kalijaga Kranding Mojo Kediri Tahun Ajaran 2017/2018? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Ke-NU-An terhadap sikap sabar murid di MTs Sunan Kalijaga Kranding Mojo Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. 2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Ke-NU-An terhadap sikap wara’ murid di MTs Sunan Kalijaga Kranding Mojo Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. 3) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Ke-NU-An terhadap sikap disiplin murid di MTs Sunan Kalijaga Kranding Mojo Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Teknik sampel yang digunakan adalah random sampling, sampel dalam penelitian ini adalah siswa empat kelas di MTs Sunan Kalijaga Kranding Mojo Kediri yaitu kelas VII A, VII C, VII H dan VII K. Penelitian ini menggunakan metode angket, observasi, dokumentasi, dan interview. Metode angket digunakan untuk memperoleh data tentang pembelajaran Ke-NU-an dan sikap murid MTs Sunan Kalijaga Kranding Mojo Kediri yang digunakan sebagai sampel penelitian. Metode observasi digunakan untuk mengetahui fenomena-fenomena yang terjadi di sekolah, sedangkan metode dokumentasi dan interview digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana, sejarah, prasarana pendidikan dan dokumen madrasah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh pembelajaran Ke-NU-an terhadap sikap sabar murid di MTs Sunan Kalijaga Kranding Mojo Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan Fhitung (5, 243) > Ftabel (3, 89). 2) Ada pengaruh pembelajaran Ke-NU-an terhadap sikap wara’ murid di MTs Sunan Kalijaga Kranding Mojo Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan Fhitung (5, 288) > Ftabel (3, 89). 3) Ada pengaruh pembelajaran Ke-NU-an terhadap sikap disiplin murid di MTs Sunan Kalijaga Kranding Mojo Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan Fhitung (9, 762) > Ftabel (3, 89).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133118 KHAIRUN NISAK
Date Deposited: 07 Jul 2017 06:25
Last Modified: 07 Jul 2017 06:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5344

Actions (login required)

View Item View Item