PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SKI PESERTA DIDIK KELAS IV MI SUNAN AMPEL BONO BOYOLANGU TULUNGAGUNG

ISMIANA NUR ROHMAH, 2817133076 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SKI PESERTA DIDIK KELAS IV MI SUNAN AMPEL BONO BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative learning Type Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SKI Peserta Didik Kelas IV MI Sunan Ampel Bono Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Ismiana Nur Rohmah NIM 2817133076 dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, S.Pd., MM. Kata Kunci : Kooperatif, Numbered head together, hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar SKI peserta didik kelas IV MI Sunan Ampel. Kondisi tersebut disebabkan oleh cara mengajar guru yang masih menggunakan metode ceramah dan kurang bervariatif, sehingga peserta didik kurang berkonsentrasi dan mudah bosan pada pembelajaran SKI. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model Cooperative Learning Type Numbered head Together dalam pembelajaran SKI karena dengan penerapan model tersebut, maka pembelajaran akan menyenangkan dan aktivitas belajar peserta didik dapat meningkat, sehingga apa yang menjadi tujuan atau sasaran dalam pembelajaran dapat dicapai dan hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peningkatan keaktifan peserta didik dalam belajar mata pelajaran SKI materi Kepribadian Nabi Muhammad SAW dengan model pembelajaran Cooperative Learning Type Numbered Head Together (NHT) peserta didik kelas IV MI Sunan Ampel Bono Boyolangu Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan kerjasama peserta didik pada mata pelajaran SKI materi Kepribadian Nabi Muhammad SAW dengan model pembelajaran Cooperative Learning Type Numbered Head Together (NHT) peserta didik kelas IV MI Sunan Ampel Bono Boyolangu Tulungagung? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar SKI materi Kepribadian Nabi Muhammad SAW dengan model pembelajaran Cooperative Learning Type Numbered Head Together (NHT) peserta didik kelas IV MI Sunan Ampel Bono Boyolangu Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian adalah (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan peserta didik dalam belajar mata pelajaran SKI materi Kepribadian Nabi Muhammad SAW melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Type Numbered Head Together (NHT) peserta didik kelas IV MI Sunan Ampel Bono Boyolangu Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan kerjasama peserta didik pada mata pelajaran SKI materi Kepribadian Nabi Muhammad SAW melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Type Numbered Head Together (NHT) peserta didik kelas IV MI Sunan Ampel Bono Boyolangu Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar SKI materi Kepribadian Nabi Muhammad SAW dengan diterapkannya model pembelajaran Cooperative Learning Type Numbered Head Together (NHT) peserta didik kelas IV MI Sunan Ampel Bono Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research) mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis & Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM mata pelajaran SKI 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Cooperative Learning Type Numbered Head pada mata pelajaran SKI mengalami peningkatan sebagai berikut: 1) terjadi peningkatan keaktifan peserta didik siklus I sebesar 78% meningkat menjadi 92% pada siklus II. 2) terjadi peningkatan kerjasama peserta didik pada siklus I sebesar 65% meningkat menjadi 78% pada siklus II. 3) hasil belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 52,38% dengan nilai rata-rata 70 meningkat menjadi 85,71% dengan nilai rata-rata 80 dan berada pada kriteria baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 33,33%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar SKI Peserta Didik Kelas IV MI Sunan Ampel Bono Boyolangu Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133076 ISMIANA NUR ROHMAH
Date Deposited: 05 Jul 2017 03:33
Last Modified: 05 Jul 2017 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5307

Actions (login required)

View Item View Item