Penerapan Program Terjemah untuk Mempermudah dalam Memahami Al-Qur’an di Masjid Al-Huda Sumberingin Karangan Trenggalek

Megawati, Umita Sofa (2014) Penerapan Program Terjemah untuk Mempermudah dalam Memahami Al-Qur’an di Masjid Al-Huda Sumberingin Karangan Trenggalek. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN_AWAL_SKRIPSI 2.pdf

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (141kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Program terjemah, Pemahaman Al-Qur‟an Penelitian ini ditalarbelakangi oleh kurangnya pemahaman masyarakat setempat terhadap isi Al-Qur‟an. Dengan adanya program terjemah sehingga dapat membantu masyarakat untuk memudahkan dalam memahami isi Al-Qur‟an. pembelajaran program terjemah dalam memahami Al-Qur‟an dilakukan dengan menggunakan metode pengulangan untuk mempermudah pemahaman Al-Qur‟an karena dengan banyaknya ayat-ayat Al-Qur‟an yang terjadi pengulangan akan lebih mudah untuk dipahami.Usaha tersebut dilakukan oleh masjid Al-Huda Sumberingin. Berdasarkan latarbelakang di atas maka dapat dapat diambil rumusan masalah: (1) Bagaimana saja langkah-langkah penerapan program terjemah untuk mempermudah dalam memahami Al-Qur‟an di Masjid Al-Huda Sumberingin Karangan Trenggalek ? (2) Bagaimana metode yang di gunakan dalam penerapan program terjemah untuk mempermudah dalam memahami Al-Qur‟an di Masjid Al-Huda Sumberingin Karangan Trenggalek ? (3) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung penerapan program terjemah untuk mempermudah dalam memahami Al-Qur‟an di Masjid Al-Huda Sumberingin Karangan Trenggalek? Berpijak pada rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah, metode, dan faktor-faktor yang yang mempengaruhi dalam penerapan program terjemah untuk mempermudah dalam memahami Al-Qur‟an. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data, penyajian data, dan verivikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik perpanjangan kehadiran, trianggulasi, pembahasan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan program terjemah untuk mempermudah dalam memahami Al-Qur‟an di Masjid Al-Huda Sumberingin Karangan Trenggalek, yaitu mencari kata-kata yang “maknanya” sama dengan bunyi bacaan kemudian mencari kata-kata yang sudah di kenal artinya jenjang materi pendidikannya Tingkat Dasar (paket 1,2,3) Menerjemahkan kosa-kata, kandungannya, Mengenal Isim, Fi‟il dan Huruf, Mentasrif : Madhi, Mudhaari‟ Amar, Jamid, Mustaq. Tingkat Menengah (paket 4,5,6) Mengenal Jamid dan Mutasharif, Mengenal shahih dan Mu‟tal, Mengenal Mujarrad dan Mazid. Tingkat Atas (paket 7,8,9) Mengenal Mabni dan Mu‟rab, Mengenal Umdah , Mengenal Takmilah / Fadhlah. Tingkat Tinggi (paket xvi 11,12,13,14,15) Pendalaman Sharaf, Pendalaman Nahwu, Pengenalan Balaghah, Pendalaman Balaghah, „Ulum Al Qur‟an, „Ulum Al Qur‟an. (2) metode yang di gunakan dalam penerapan program terjemah untuk mempermudah dalam memahami Al- Qur‟an di Masjid Al-Huda Sumberingin Karangan Trenggalek, adalah metode tikror yaitu terjemah kosa kata dan mencari kata-kata yang baru yang belum terjadi pengulangan. (3) faktor penghambat dan pendukung penerapan program terjemah untuk mempermudah dalam memahami Al-Qur‟an di Masjid Al-Huda Sumberingin Karangan Trenggalek adalah: 1) Latar belakang peserta yang berbeda-beda, 2) Latar belakang pendidikan, 3) faktor usia, 4) faktor waktu. Sedangkan faktor pendukungnya adalah 1. Metodenya singkat, 2. Modul dan VCD tutorial yang merangkum semua materi yang akan dipelajari, 3. Niat dan semangat. .

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Oct 2014 02:50
Last Modified: 02 Oct 2014 02:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item