PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR

Riska Latifatul Husna, 2817133159 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Uutuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam Wonodadi Blitar”. Ditulis oleh Riska Latifatul Husna NIM : 2817133159, dibimbing oleh Drs. H. Timbul, M.Pd.I Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match, Motivasi, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya pengetahuan peserta didik dalam mempelajari Al-Qur’an Hadits. Terlebih motivasi pada peserta didik yang sangat kurang menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah. Dalam pembelajaran Al-Qur`an Hadits ada beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satunya adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match yang lebih aktif, menarik dan menyenangkan diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V MI Darussalam Wonodadi Blitar pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada pokok bahasan Hadits tentang menyayangi anak yatim. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 1)Bagaimana peningkatan kerjasama dalam pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Hadits Menyayangi Anak Yatim melalui penerapan metode Make a Match pada peserta didik kelas V MI Darussalam Wonodadi Blitar?, 2)Bagaimana peningkatan keaktifan dalam pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Hadits Menyayangi Anak Yatim melalui penerapan metode Make a Match pada peserta didik kelas V MI Darussalam Wonodadi Blitar, 3)Bagaimana peningkatan motivasi dan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi Hadits Menyayangi Anak Yatim melalui penerapan metode Make a Match pada peserta didik kelas V MI Darussalam Wonodadi Blitar ? Adapun yang menjadi tujuan penulisan skripsi ini adalah: 1)Mendiskripsikan peningkatan kerjasama dalam pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Hadits Menyayangi Anak Yatim melalui penerapan metode Make a Match pada peserta didik kelas V MI Darussalam Wonodadi Blitar, 2)Mendiskripsikan peningkatan keaktifan dalam pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Hadits Menyayangi Anak Yatim melalui penerapan metode Make a Match pada peserta didik kelas V MI Darussalam Wonodadi Blitar, 3)Mendiskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi Hadits Menyayangi Anak Yatim melalui penerapan metode Make a Match pada peserta didik kelas V MI Darussalam Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, wawancara, tes dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Sedangkan Observasi, catatan lapangan dan wawancara digunakan untuk mengamati respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran make a match, kerjasama peserta didik, keaktifan peserta didik, keadaan peserta didik maupun keadaan guru. Dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan melihat laporan yang sudah tersedia termasuk dokumentasi tindakan penelitian. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang harus dicapai dengan nilai KKM 75. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan kerjasama peserta didik terjadi peningkatan pada siklus I dengan kriteria keberhasilan tindakan baik dengan prosentase rata-rata 73.3% dan siklus II kriteria keberhasilan tindakan meningkat menjadi sangat baik dengan prosestase rata-rata 81.7%. Kemudian juga terjadi peningkatan kemampuan keaktifan peserta didik pada siklus I dengan kriteria keberhasilan tindakan tergolong sangat baik dengan prosentase rata-rata 80.85% dan siklus II kriteria keberhasilan tindakan bertahan sangat baik dengan prosentase rata-rata 81.7%. Untuk motivasi dan hasil belajar peserta didik juga telah meningkat. Pada tes awal (pre test) nilai rata-rata hanya 69.16 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 54.16%, nilai rata-rata peserta didik mengalami peningkatan yang cukup signifikan menjadi 82.25 pada tes formatif siklus I, dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 70.8%, Pada siklus berikutnya, yaitu siklus II terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata 88.5 dengan prosentase ketuntasan belajar mencapai 87.5%. Dengan demikian telah terbukti, bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas V MI Darussalam Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: SKRIPSI 2817133159 Riska Latifatul Husna
Date Deposited: 19 Jun 2017 07:38
Last Modified: 19 Jun 2017 07:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5277

Actions (login required)

View Item View Item