ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA KELAS VIII G DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017

ANIS FARIDAH, 2814133011 (2017) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA KELAS VIII G DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (663kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (395kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul“Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Kelas VIII G di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Anis Faridah, NIM. 2814133011, dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata kunci: Analisis Kesulitan, Memahami Konsep Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat kesulitan yang berbeda-beda dari setiap siswa memahami konsep matematika, cukup rendahnya pemahaman siswa dan masih sedikitnya siswa yang dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu kurang lebih 40%. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan mengenai analisis kesulitan apa saja yang dihadapi siswa dalam memahami materi sistem persamaan linear dua variabel, 2) Mengetahui cara mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Data pada penelitian ini adalah hasil wawanara, observasi, dokumentasi dan hasil tes. Sumber dalam penelitian ini yaitu guru matematika dan siswa kelas VIII G MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 siswa yang dibedakan melalui tingkat kemampuan, yaitu tinggi, sedang, cukup, dan rendah masing-masing tingkat kemampuan diambil subjek siswa sebanyak dua. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) observasi, 2) dokumentasi, 3) tes, dan 4) wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dalam pembahasan disimpulkan bahwa: 1) kesulitan siswa dalam memahami materi baik siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, cukup, dan rendah pada materi sistem persamaan linear dua variabel terletak pada metode penyelesaian SPLDV seperti metode grafik, substitusi, dan memahami isi soal, dan menuliskan model matematika, 2) cara yang digunakan atau saran peneliti dalam mengatasi kesulitan memahami materi sistem persamaan linear dua variabel yankni, guru harus menggunakan model pembelajaran yang lebih kooperatif misalnya seperti model pembelajaran inkuiri terbimbing yang mampu meningkatkan kemampuan memahami konsep matematika siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133011 ANIS FARIDAH
Date Deposited: 16 Jun 2017 07:35
Last Modified: 16 Jun 2017 07:35
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/5263

Actions (login required)

View Item View Item